Musim Hujan, Musimnya Flu

Published Maret 25, 2010 by avokadojuice


Hatchiiiii…

Ahh, yang namanya musim hujan buatku hal yang paling menyenangkan, kenapa? Karna aku suka liat hujan, suka denger suara merdu tetesan-tetesan hujan yang berebut membasahi bumi, suka sama hawa dinginnya yang bikin aku ‘terpaksa’ bawa selimut ke mana-mana (hehe), suka sama bau tanah basahnya setelah hujan reda. Semuanya itu pemandangan paling indah yang pernah aku rasakan selama menjadi makhluk Allah.
Tapi lagi-lagi… semua keindahan itu harus diganggu sama yang namanya FLU. Nyebelin nggak sih? Misal nih ya, malem-malem kan biasanya ujan tu, jadi enak banget kan buat tidur. Trus pagi harinya harusnya kita bangun tidur dengan fresh, tapi yang ada malah… HUATCCHHHIIIII… pffttt… meler ke mana-mana, bawa tissue ke mana-mana, nutupin hidung ke mana-mana, pencet-pencet hidung sampai merah. Aktifitas jadi terhambat, tubuh jadi nggak fit. Apalagi aku, sekali kena flu nggak bisa sembuh cepet, nunggu sampai seminggu-an lebih baru sembuh. Kasian ama bebek, tiap telpon cuma dengerin suara sengau-ku sambil bersin-bersin hihi….

Nah, maka dari itu, untuk memerangi si pilek ini, mari kita cari solusinya…

Dan setelah gigih berjuang googling sana-sini, ditemukanlah ini, itu dan ni-tu yang insyaallah bermanfaat untuk si penderita pilek. Mari cekidot ” Bagaimana Cara Menaklukkan si Penyakit Hujan”:

1. Beristirahat

Aku sering banget denger orang bilang gini: ” Kalo lagi flu itu dibanyakin bergerak biar keluar keringatnya terus cepet sembuh…!”. Padahal cara seperti itu malah salah lho. Sebenarnya, untuk melawan infeksi dari flu tubuh memerlukan energi yang cukup, tetapi bila kita melakukan latihan ataupun olahraga yang berlebihan, hal ini akan mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit tersebut. Dengan beristirahat, tubuh mampu memerangi virus flu dengan sempurna. Sistem kekebalan dalam tubuh dan beberapa fungsi kekebalan dalam tubuh akan diperkuat ataupun di bangkitkan selama tidur. Inilah yang akan membantu tubuh dalam mengalahkan flu.

Enak banget ‘kan? besok-besok kalo bunda ngomel karna kita tidur terus di kamar waktu musim hujan, bilang aja gini,” Tubuhku baru memerangi virus flu, bunda!”. Pasti tambah diguyur air hahaha…

2. Air

Ketika kita terkena flu, biasanya tubuh kita rentan terhadap dehidrasi. Untuk mencegah hal ini terjadi, kita harus banyak mengkonsumsi air. Rekomendasi bahwa kita harus minum sebanyak 8 gelas air sehari merupakan sesuatu yang sangat minimum bila kita terkena flu.Jadi kita harus minum lebih banyak dari ini, bahkan setiap saat kita merasa haus. Hal ini karena, air dapat membantu memperkuat system kekebalan tubuh dan secara berkala mengalahkan virus flu.

Tapi perlu dicatat, minumnya jangan pas sebelum tidur. Kenapa? karna bukannya nyembuhin flu malah nambah penyakit karna digebukin ama orang serumah gara-gara kamar jadi bau amoniak haha… sebaiknya waktu bangun tidur itu waktu paling cocok untuk minum air putih sebanyak-banyaknya.

3. Vitamin C

Hal ini mungkin akan kedengaran seperti apa yang ibu dan nenekmu pernahbilang tapi ini merupakan sesuatu yang benar. Tetapi, terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan mencret dan bahkan mungkin dapat menimbulkan batu ginjal. Banyak argument mengenai dosis vitamin C yang diberikan kepada para penderita flu, bahwa 1000mg setiap jam  merupakan dosis yang tidak berbahaya dan dapat mengurangi efek penyakit flu. Tetapi, telah dibuktikan secara medis bahwa 250 mg memiliki efek positif yang sama dengan dosis-dosis yang lebih besar dan efek sampingnya juga lebih sedikit. Cara terbaik ntuk mendapatkan vitamin C sebanyak ini adalah dengan melalui jus buah-buahan karena jus juga memberikan banyak cairan yang dibutuhkan tubuh saat flu.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakanpenyembuhan tradisional terhadap flu. Bawang putih membantu memperkuat system kekebalan dan juga sebagai anti virus yang baik. Mencampurkan bawang putih dalam makanan merupakan suatu cara yang baik untuk mencegah flu dan juga dapat mempercepat masa penyembuhan penderita flu. Cara terbaik dalam mengkonsumsi bawang putih adalah dengan memakannya dalam bentuk mentah. Banyak orang yang mungkin tidak tahan terhadap hal ini, karena baunya. Jangankan anda, drakula aja ogah…

5. Ekstrak dari buah arbei

Buah arbei merupakan salah satu anti virus yang sangat ditakuti oleh flu, dan juga sebagai salah satu alat pencegah terkuat bagi penyakit flu. Sebagai perlawanan terhadap flu, buah arbei dapat membantu menyingkirkan penyebab dari infeksi flu terhadap penderita, dan juga memperkuat dan memperbaiki kembali system kekebalan tubuh. Blueberry dan Elderberry merupakan jenis arbei terbaik bagi para penderita flu.

Buah arbei yang kaya’ gimana, sih? *garuk-garuk kepala

6. Berkumur

Ada tiga bahan yang cukup membantu saat flu yaitu air lobak, madu dan garam. Lobak berfungsi mencairkan mucus pada pada saluran pernapasan. Sedangkan madu terkenal dengan berbagai macam khasiat terutama menyembuhkan segala penyakit. Caranya berkumur dengan air lobak dicampur madu. Bisa juga berkumur dengan campuran air garam hangat 4 kali sehari bisa menjaga kelembaban tenggorokan yang terluka.

Enak nggak, sih?

7. Jahe

Jahe seduh juga merupakan salah satu obat alami untuk flu. Seseorang yang terkena flu dapat meminumnya sebanyak empat atau lima kali sehari. Mempersiapkan jahe seduh itu sangat mudah. Yaitu dengan cara merebus jahe dengan air selama 10 menit dan setelah didiamkan sebentar, lalu tambahkan madu.

Pernah nyoba yang ini, efeknya bagus 🙂

8. Pelega Nafas

Sedikit oleskan mentol di bawah hidung, rasakan sensasinya… pasti pedes hoho
Nggak dink, pelega akan melegakan nafas Anda dan menghilangkan risiko iritasi kulit di bawah hidung Anda. Mentol, eucalytus dan camphor, mengandung unsur yang lembut yang dapat menghilangkan rasa sakit di hidung.

Tapi jangan kebanyakan!! Ntar hidungnya jadi merah-merah karna pedes

9. Kantung Hangat atau Dingin

Ini bisa cukup membantu dengan mengompres mengompres hidung dengan kantung hangat atau dingin. Tapi dicek dulu suhunya sebelum ditempelkan di hidung.

10. Bantal

Ahahh…ada apa dengan bantal? Coba letakkan bantal agak tinggi sehingga Anda lega bernafas, ini bisa mengurangi mampet pada hidung yang sangat mengganggu. Dan sebaiknya jangan memposisikan tidur Anda dengan posisi miring. Bisa-bisa tambah mampet, nggak bisa bernafas deh hehe…

Sekian presentasi dari saya hehe… Itu rangkuman dari berbagai sumber yang aku dapat. Kalo mau lihat lebih detail lagi, silahkan kunjungi situsnya yang sudah aku link di atas.

Sekian dan terimakasih (ahahahahhhh…. rada sopan dikit ah hoho)MySpace

Iklan

25 comments on “Musim Hujan, Musimnya Flu

  • Kalo Umi punya cara lain. Dengan masak mie kuah dengan cabe ekstra banyak dan dimakan. Setelah tidur sampe keringetan, sampe Umi bangun n fit lagi deh. Cara yang aneh tapi ampuh 😆

    —–***—–
    waahhh itu mah bikin tambah meler, tidur x jd g enak dunk haha…

  • berbeda itu tiap org,
    kalo ayas pake bawang putih dijadikan semacam inhaler, sumbat ingus 😆 🙂

    —–***—–
    ah, ada2 ja ne si ayas…. itu mah kagak bs bernafas jd x hehe

  • iya neh benar banget gw aja mulai mengap2 deh. pulang dari FX malah kayak mau bersin2 terus malah dari kemaren malam mulai sakit2 badan deh. thanks tipsnya sukses selalu

    —–***—–
    iaa, ma cama 🙂

  • kalo saya biasanya makan yang pedes2 seperti bakso, tekwan gitu biar keluar cairan di hidungnya

    btw tukeran link yu vi….
    makasih 🙂

    —–***—–
    bener tu, Q mlh mkn sambel sebnyak2 x tp pilek x g ilang mlh skit perut haha

    link x dah dr dulu Q pasang k’… liat de d ‘my plend’

  • saya tambahin yg paling penting : Jangan maen hujan2an,entah itu ngojek payung ataupun naek motor hujan2an gak pake jas hujan 😀

    “mencegah lebih baik dari mengobati ” —> nasehat dokter lho 😉

    —–***—–
    wah saya malah suka sekali hujan2 an hehe…

  • Wah berarti saya salah persepsi soal bawang dong ya. Saya bukan makan bawang mentahannya, tapi memperbanyak makan empek-empek saat flu, sampe didemo sama isteri saya yang gak tahan bau bawangnya 🙂

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    —–***—–
    ahahahhh, mas ne ada2 aja hihi

  • Viviiii~
    Kug jarang maen t4kuh?
    Hihih

    Aq jg lgi flu..
    Hatcchiii
    Bikin mie rbus pedes aahhh

    —–***—–
    ahhh…maaph, jgn kan k’fiya, tmn2 lain jg lom smpet dkunjungi, Q gi sbuk hehe, maaf skali gi…
    🙂

  • wah.. bawang putih jg termasuk bisa menyembuhkan flu yah.. saya gak suka bgt makan bawang putih. apalagi mentah2 gt.. 😀
    tapi tipsnya bagus.. bisa dicoba nih.. hehe..

    —–***—–
    ciiippp, semoga b’manfaat, msh ada alternatif lain slain bawang putih 🙂

  • wuih,,, ini tadi blog na vivi kah?
    ini QK yang dah lupa gara” jarang kesini ato emang tampilannya yang beda ya..
    hehe

    buah arbei itu yang kecil”… warnanya item….
    manis…klo dah mateng… tapi pas masih muda ya asem juga :mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

    —–***—–
    hehe, tampilan baru ka, bosen ma yg dulu, biar rada fresh gitu ngliatnya…

    ummm…kismis gt? ato kya strawberry? Q g ngeh 😆

  • Flu sih udah jadi penyakit biasa saat musim penghujan…
    Soalnya virus flu itu ada ratusan ribu jenisnya. Tubuh kita sudah punya antibodi (ato antivirus?) untuk satu jenis virus, virus lainnya menyerbu. Sakit juga deh akhirnya…. 😦
    Jangan pesimis, tetep jaga kesehatan. ^_^

    —–***—–
    kek x antibodi g bgtu ampuh jd gmpang bgt kna flu tp ssh sembuh x hehe…
    iaa, tetep jga kesehatan 🙂

  • iritasi di bawah hidung, itu tuh biasanya yang bikin tambah repot, soalnya kan kalau flu kita jadinya menggosok daerah hidung dan sekitarnya terus 😦

    —–***—–
    bener bgt, apalagi dari kecil kebiasaan nggosok hidung, nggak pilek juga tetep nggosok hidung haha

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: