Rahasia Minum Teh

Published Februari 25, 2010 by avokadojuice

Srrrtttt… hatchie…MySpace

Pfftt… sengsaranya kalo lagi pilek, hidung gatel, tenggorokan gatel, telinga pun kadang ikut gatel MySpace

bawaannya ngantuk mulu MySpace

Dan satu lagi, nih… pengen minum yang anget-anget, nggak pagi, nggak siang, nggak malem, maunya nyeduh teh mulu. Sampai suatu hari aku kepergok nyokap lagi sibuk bikin teh anget, terus langsung, deh diomelin,

” Masih perawan koQ suka minum teh, kaya’ nenek-nenek aja!”

Dengan gaya lempeng, sok cuek beibeh gitu, aku jawab,

” Emang nenek-nenek aja yang doyan minum teh… tu, orang-orang Jepang aja tiap hari punya jadwal minum teh,”

” Yee, nih anak dibilangin malah ngeyel, kebanyakan teh itu nggak baik, bikin cepet tua! Mami dulu pernah punya temen yang doyan banget ama teh, tiap hari minum teh, nggak suka minum air putih. Tau nggak, wajahnya itu jadi kelihatan lebih tua dari umurnya,”

” Ya itu salahnya dia nggak mau minum air putih, aku kan masih doyan air putih, mi…” masih dengan gaya cuek beibehku, aku berlalu meninggalkan mami yang cuma geleng-geleng kepala melihat tingkah anaknya yang semakin hari semakin ‘liar’ nggak teratur ini. *maaf mi… MySpace

Sebenarnya aku nggak begitu setuju ama pendapat mami. Karna aku pernah baca sebuah artikel yang aku dapat dari om google bahwa teh itu bermanfaat bagi kesehatan. Tapi karna yang bilang itu mamiku tercinta, seorang yang sangat kuhormati dan kusayangi serta sudah banyak makan garam ( itulah alasan kenapa aku nggak mau bantah mami karena daripada disuruh makan garam seperti beliau, hii… assssiiiiinnnn…. hueekk MySpace , mendingan nurut aja deh) mau nggak mau aku jadi kepikiran juga dan mulai percaya, so daripada penasaran, mendingan tanya aja ama yang ahli. Siapa lagi kalo bukaaannn… mbah google tercinta ahahahahh. Setelah googling sana-sini, akhirnya aku menemukan sebuah artikel tentang manfaat teh (ini untuk menguatkan argumenku bahwa teh itu juga sehat). Ini dia artikelnya…

Manfaat teh antara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh (aku suka bagian yang berwarna merah itu hehe ), mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Maka, tidak heran bila minuman ini disebut-sebut sebagai minuman kaya manfaat (mamiiii…. harus baca ini, mi).

Kenapa teh disebut minuman yang kaya akan manfaat?

Karna di dalam teh terdapat zat-zat yang berguna untuk tubuh, yaitu:

Polifenol

Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas ada di tubuh kita karena lingkungan udara yang tercemar polusi dan juga dari makanan yang kita makan.

Vitamin E

Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

Vitamin C

Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit.

Vitamin A

Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten merupakan vitamin yang diperlukan tubuh dapat tercukupi.

Tuuu kan, tuuu kan…. aku bener kan… vivi gitu loh MySpace

MySpace waddooowww… ‘paan sih??!

Liat dulu info yang ini!!! Ternyata teh juga bisa menyebabkan keracunan!!! Coba lihat ini…

Jangan minum teh berlebihan. Anda bisa mengalami keracunan kafein kronis. Bila minum 5 cangkir teh setiap hari yang setara dengan 600 mg kafeina, lama kelamaan akan memperlihatkan tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan (dispepsia), rasa lemah, gelisah, tremor, sukar tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, pusing (vertigo), bingung, berdebar, sesak napas, dan kadang sukar buang air besar (yang aku warnai merah itu, gejala-gejala yang sudah aku alami, hatduuuhhh MySpace ).

Beginilah derita anak yang nggak nurut ama ortu. Maafin aku, mi…MySpace

Ya sudahlah, sebelum semuanya berakhir (loh?), maksudnya sebelum terlanjur parah, mari kita lihat apa yang harus kita perhatikan untuk menghindari gejala-gejala seperti itu…

* Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.

* Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.

* Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.

* Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.

* Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

Hatduhhh, mamiii… aku hampir pernah ngelakuin itu semua, kecuali yang terakhir tentunya hoho…

Selain itu ada juga yang perlu diperhatikan yaitu cara menyeduh teh yang baik dan benar, soalnya kalo salah cara membuat teh bisa menyebabkan teh tidak memberikan manfaat bagi orang yang meminumnya. Untuk menyeduh teh, gunakan air mendidih bersuhu 80 derajat celcius, jangan menggunakan air dengan yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat karena dapat membuat kita kehilangan manfaat dari teh.

Selain itu, teh bisa dicampur dengan susu. Teh yang dicampur susu atau sering dikenal teh susu bisa mengurangi efek stimulan dari teh karena kalsium susu akan mengikat zat-zat stimulan pada teh.

Cara lain lagi adalah menambahkan lemon yang sering kita kenal dengan sebutan Lemon Tea. Lemon akan memberikan perlindungan bagi pencernaan, karena asam sitrat dalam lemon mencegah timbulnya kerak pada dinding usus.

Nah lho, mau minum teh aja koQ repot. Tapi demi kepentingan kesehatan yang sangat berharga buat kita, kenapa tidak?

Iklan

46 comments on “Rahasia Minum Teh

  • @fey: thx fey πŸ™‚

    @muh zak: yup, tp jgn kebablasan ja

    @ciput: iaa semga b’mnfaat πŸ˜‰

    @bocahbnjar: not why2 hehe

    @adi:hihihi, iaa2, ap hub x ma jejaka n perawan hehe, mnju tkp boz

    @hariez: y teh lbh enk n bnyk mnfaat x

    @orange float: enakan orange float ama jus alpukat iaa…hehe

    @bije: ttp jus aplukat, cm klo beli jauh, gmpng buat teh hehe

    @bri: mmulai hr dgn yg anget2 iaa πŸ˜‰

  • wakss padahal saya penikmat es teh manis setiap hari,wah memang harus dikurangi nih berarti:D

    tapi keluarga kerajaan inggris juga tiap hari minum teh kok umurnya bisa sampai tua2 begitu ya? liat aja tuh ratu yg sekarang? udah tua masih sehat banget kan??

    salam kenal ya:D

  • bener.. bener.. bener-bener repot πŸ˜†
    aku ga terlalu suka minum teh. Tapi sesekali, aku suka minum slimming tea loh,
    terutama pas pup lagi ga lancar, soalnya slimming tea bikin eek kuluar terus sih :mrgreen:

  • hiyeee kebetulan ngenet sambil minum teh ijo neh heheh…
    jangan minum teh klo lagi pas sembelit, jangan minum teh klo lagi demam (tambah parah ntar)…
    nais inpoh…

  • waaaaha, temen awak ada yang suka banget minum teh tuuuh….
    dan dia masih keliatan anak muda banget, dari TK sampe SMA mukanya ga banyak berubah, awet muda….
    dan teh yang paling enak adalah, teh yang dicampur madu rasa jeruk. hahahhahaha, itu selera awak…. :mrgreen:

  • Link sudah terpasang kawan,,, tetap jalin silaturahim ya dengan aku…
    infonya bagus,,, tapi aq lebih suka minum kopi daripada minum teh,,,, pa lagi kalao ditambah dengan susu,,, fuih… mantep poolll…

  • bagi-bagi teh yang enak didengar apalagi di seruputtt…. enak tenan, btw postingan nya terlalu berwarna dengan background yang gelap. jadinya mata cepat sakit menatapnya πŸ˜†
    salam kenal serta jabat erat selalu dari Tabanan

  • waktu SMA kalo makan di kantin pasti minum teh deh, sampai suatu hari di kelas tiga dikasih tau temen kalo minum teh setelah makan tu nggak baik 😦

    tapi selain itu emang jarang minum teh, soalnya males bikin πŸ˜†

  • @pak sunarno: teh tawar iaa pak?

    @catatan pelangi: slm knal jg iaa ^_^

    @didot: beda aktifitas mgkn mas…kya dbeda x org jman dl ma jman skrg, org2 jman dl lbh klihatan shat d usia tua…^_^

    @phiy: Q jg prnh dnger ky bgtu mbak, tp tkt nyoba hehe

    @dedekusn: iaa kang…hehe

    @ade: waa…lezat tu

    @yuni: sma… πŸ™‚

    @nadia: prnh ngerasain teh hitam, kya minum air kembang 😦

    @alid: ngepas iaa hehe… thx wat info tmbahan x..mmbantu boz πŸ˜‰

    @yak: waa…bgus klo bgtu πŸ™‚

    @darahbiroe: yup, mnju tkp boz

    @beranda: hehehe

    @rhyza: thx iaa dah dpsang…Q jg ska kopi susu πŸ™‚

    @wahyu: mn letak bhaya x…?? @_@

    @sugeng: ok mas, thx wat kritikan x, sgera saya perbaiki kawan πŸ™‚

    @faye: baru tau…mank beneran bgtu ya mbak?

    @inspirasi: ^_^

    @pelintas: duh duh…ayo mulai dibiasakan mnm air putih ja…hoho

    @iyong: knp bs bgtu??

    @alris: ciiippp

    @fanz: same aje boz…*pletak :mrgreen:

    @asop: spt kopi klo dminum bnyak2 jg bkin gigi brubah wrn, kya x se Q prnh bc: mnuman yg b’warna mmpengaruhi wrna gigi n ksehatan gigi itu sendiri, jd lbh baik mnm pake sedotan, krn bs lbh sdikit daerah yg dsentuh mnuman itu…

    @blogpopuler: lom tw mas hehe

    @red: emm…mnrut sumber yg saya bca, itu mlh bs mengurangi resiko batu ginjal sbesar 8%

    @treante: lbh mlih air putih mbak…hehe

  • katanya temen sih gitu, ya yang ntar gizi dari makanannya atau apanya gitu malah diambil sama tehnya gitu *nggak ngerti juga teknisnya gimana :p*

    —–***—–
    yah, yang penting nggak begitu baik juga buat kesehatan :mrgreen:

  • wah banyak banget ya manfaatnya.. kalo di kampung aku tiap hari pasti minum teh, jadi di teko itu airnya teh gitu.. gak tau kenapa gak air putih yaa..

    —–***—–
    udah kebiasaan dari mbah2 nya mungkin :mrgreen:

  • Wah ,
    di teh juga ada zat aditif yang namanya tianin . betewe, di teh juga ada tokoferol a.k.a vit e ya. lbh byk mana ya ma kecambah? *tanya mbh google*

    —–***—–
    nydorin mbah google πŸ™‚

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: