Penyakit yang Disebabkan oleh Si ‘Imut’

Published Februari 18, 2010 by avokadojuice

Salam gergaji… MySpace

Malam yang suntuk abiiiisssss…. gila bener, tiba-tiba gw teriak-teriak sambil pukul-pukul meja MySpace. Abisnya, nggak ada ujan, nggak ada angin… duit gw ambles! Baru juga buka rekening, dapet kartu atm, eh… udah ‘dirampok’ ama adik gw ~!@##$$%#%

Nasib… MySpace

@     @    @

Back to the title,

Tadi siang, seusai kuliah Matematika Diskrit yang bikin otak keringetan, aku ama temen-temen sempet nongkrong di depan parkiran sembari menunggu kelas berikutnya. Kebetulan siang itu, aku duduk di sebelah Novi, salah satu teman sekelasku. Awalnya perbincangan berawal dari ‘ gimana, sih rasanya dioperasi’. Dan jelaslah yang jadi korban pertanyaan itu aku. Karna baru 1,5 bulan yang lalu aku merasakan dioperasi karna kecelakaan.

Ya, karna aku nggak ngerasain apa-apa, jadi nggak ada yang aku ceritain. Akhirnya si Novi mulai cerita, dia bilang dia sering ngerasa tangannya dingin dan kesemutan kalo abis minum obat. Trus, Siska tanya, ” Emang kamu minum obat apa?”. Menurut pendengaranku, sih dia bilang,” Toxo…”. Awalnya aku ngak ‘ngeh’ Toxo itu apa. Tapi si Siska langsung tercengang gitu, trus tanya, ” Kamu gejala toxo??”. Dengan nyantainya si Novi jawab,” Udah kena malah.”.

Ternyata Novi salah satu penderita toxoplasmosis. Sudah 1 tahun ia berobat dan sekarang dia nggak mau minum obat lagi. Malas, katanya, udah capek minum obat. Awalnya, tanda-tandanya belum kelihatan, dia cuma ngerasain kepala bagian bawahnya itu sering sakit seperti dipukul. Setelah diperiksa, ternyata ia sudah mengidap penyakit itu sejak masih kecil. Ia cerita, sejak kecil ia suka sekali ama kucing. Bahkan sering tidur bareng kucing
MySpace parah kalo begini. Trus aku juga tanya,” Emang berbahaya ya penyakit itu?”. Katanya jelas berbahaya, soalnya bisa bikin mandul. Dalam hati aku bilang,” Penyakit serem buat para cewe nih.”

Karna aku penasaran kuadrat, akhirnya aku langsung tanya ama om google setelah sampai di rumah. Dan akhirnya, aku menemukan  ini. Silahkan dikunjungi jika ingin tau lebih detail lagi, karna aku cuma mau tulis kesimpulan aja.

Ok, sebagai para wanita, hendaknya kita lebih waspada lagi dengan jenis penyakit ini. Maka dari itu, kita harus mengenalnya lebih dalam lagi, check it out…

Apa, sih Toxoplasmosis itu? Sejenis makanan kah? Tentu saja tidak…

Toxoplasmosis adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh protozoa yang tergolong dalam coccidia. Sebagai haspes definitif parasit ini adalah kucing, dan kita adalah haspes perantaranya.
Siklus haspes Toxoplasmosis gondii terdiri dari dua fase, yaitu fase reproduktif ( aseksual dan seksual ) dalam haspes definitif dan fase proliferasi. Pada haspes perantara, perkembangan parasit dalam usus kucing menghasilkan ookista yang di keluarkan bersama dengan tinja kucing MySpace . Ookista menjadi matang dan infektif dalam waktu 3-5 hari di tanah.
Ookista yang matang dapat hidup setahun didalam tanah yang lembab dan panas, yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Ini nih yang perlu kita ketahui: seekor kucing dapat menghasilkan ookista 10 juta sehari selama 2 minggu MySpace.

Sekarang cara penularannya

Tau ngga, sih, ternyata toxoplasmosis itu nggak cuma disebabkan oleh kucing. Karna seperti yang diuraikan di atas tadi, ookista juga hidup di dalam tanah. Jadi jika  ookista yang matang tertelan tikus, burung, babi, kambing dan manusia ( haspes perantara) maka haspes perantara akan terinfeksi. Manusia dapat terinfeksi parasit ini bila memakan daging yang kurang matang atau sayuran yang mengandung okista atau dapat pula pada anak-anak yang suka bermain di tanah serta ibu-ibu yang gemar berkebun dan petani yang tangannya dapat tertempel ookista dari tanah. Hal ini dapat juga terjadi pada orang yang senang menggendong-gendong kucing sebagai hewan kesayangan, karena tangan mereka dapat tertempel ookista dari bulu kucing.

Setelah ookista atau kista jaringan ditelan manusia, nasib parasit akan ditentukan oleh keadaan kekebalan tubuh penderita :

  1. Apabila keadaan kekebalan tubuh baik, maka parasit didalam sel yang berbentuk bradyzoite akan mati. Parasit dan sel tubuh yang mati ini akan menimbulkan reaksi radang menahun ringan seperti berkumpulnya sel limfosit dan makrofag.
  2. Pada individu yang tidak mempunyai kekebalan tubuh atau kekebalan tubuhnya sangat rendah maka parasit yang ada didalam sel tersebut akan berkembang dengan cepat sehingga sel akan rusak. Dalam hal seperti ini akan banyak ditemukan kerusakan sel dengan parasit disekitarnya dan reaksi radang. Pada keadaan seperti ini, timbul gejala klinis.
  3. Apabila keadaan kekebalan tubuh ada, tetapi tidak cukup untuk mematikan, bradyzoite akan tetap berada didalam sel berupa kista yang tidak menimbulkan reaksi jaringan. Keadaan ini bisa berlangsung lama. Bila suatu saat keadaan yang laten ini dapat berubah menjadi infeksi yang akut.

Wew, serem banget ya…MySpace

Trus, gimana cara kita mengetahui apakah terinfeksi toxoplasmosis itu atau tidak?

Manusia yang menderita Toxoplasmosis akut pada umumnya tidak merasakan sakit yang menarik perhatiannya sehingga tidak terdeteksi. Gejala klinis yang muncul mirip dengan gejala klinis penyakit infeksi pada umumnya, yaitu :

•Demam
•Pembesaran kelenjar limfa dileher bagian belakang tanpa rasa sakit
•Sakit kepala
•Rasa sakit di otot
•Lesu / lemas

Tambahan dari aku, ada penderita yang ‘menambah kacamata minusnya lebih tebal’. Jadi hati-hati aja yang merasa ‘memakai kacamata’ dan sepertinya perlu tambahan ‘minus’ lagi. Siap-siap periksa, deh. Tapi nggak semuanya begitu, sih, hehe MySpace

Apa akibatnya bagi manusia? *penjelasan tambahan yang disarankan ama yang komeng di bawah ini si Gen (makasih, bro…MySpace)

Karna pemintaan para pembacaku yang budiman, setia dan mmuuaccchh… pokoknya hehe. Akhirnya aku googling dan menemukan ini. Jadi aku copy-paste di sini aja ya.

Pada pria, infeksi akut toxoplasma dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Bila berlangsung terus menerus dapat menyebabkan kemandulan. Toxoplasma dan menginfeksi dan menyebabkan peradangan pada saluran sperma. Radang yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penyempitan bahkan tertutupnya saluran sperma. Akibatnya pria tersebut menjadi mandul, karena sperma yang diproduksi tidak dapat dialirkan untuk membuahi sel telur.

Seperti pada pria, infeksi toxoplasma yang berlangsung terus menerus dapat menginfeksi saluran telur wanita. Bila saluran ini menyempit atau tertutup, sel telur yang telah dihasilkan oleh indung telur (ovarium) tidak dapat sampai ke rahim untuk dibuahi oleh sperma.

Yang paling berbahaya adalah akibat toxoplasma terhadap Janin/fetus. Kista toxoplasma bisa berada di otak janin menyebabkan cacat dan berbagai macam gangguan syaraf seperti gangguan syaraf mata (buta, dll). Akibat lainnya adalah janin dengan ukuran kepala yang besar dan berisi cairan (hidrocephalus).

Intinya samalah, laki-laki atau wanita yang terkena toxoplasmosis akan berakibat kemandulan.

Terus, gimana cara mengobatinya?

Ada dua jenis pengobatan :

  1. Pengobatan sampai tuntas, yaitu selama 3 – 6 bulan. Apabila dalam waktu 3 bulan pengobatan dinyatakan kandungan TORCH dalam darah telah negatif, maka dapat segera programkan kehamilan, tetapi bila hasilnya belum negatif maka lanjutkan pengobatan 3 (tiga) bulan selanjutnya dan Insya Allah hasilnya akan negative atau di ambang batas (di bawah angka toleransi).
  2. Perawatan Kehamilan ( 0 – 9 bulan ), selama kehamilan harus selalu minum obat atau ramuan secara teratur yang berfungsi melindungi janin dari virus dan parasit juga menetralisir darah.

Terus, gimana kalo mau mencegah biar nggak tertular?

Inilah yang penting, simak baik-baik…

Prinsip pencegahannya itu agar tidak terkena toxoplasmosis adalah dengan memutus rantai penularan sehingga ookista infektif maupun kista tidak masuk ke dalam tubuh manusia. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya adalah :

  1. Mencuci tangan menggunakan air dan sabun sebelum makan dan setelah memegang daging mentah.
  2. Tempat pembuangan tinja kucing harus selalu bersih dan dikosongkan setiap hari. Pekerjaan ini jangan di lakukan oleh wanita hamil.
  3. Orang yang senang berkebun sebaiknya memakai sarung tangan, tangan di cuci dengan air dan sabun agar tidak terkontaminasi dengan ookista infektif.
  4. Mencuci sayuran mentah dan buah – buahan segar dengan bersih sebelum di makan.
  5. Memasak jaringan hewan mamalia dengan sempurna. Kista akan rusak pada suhu diatas 50° C.
  6. Wanita hamil harus menghindarkan diri dari kotoran kucing, tanah dan jaringan mentah.
  7. Wanita yang akan hamil dan yang sudah hamil sebaiknya di periksa darahnya untuk mengetahui adanya toxoplasmosis. Bila di ketahui terkena toxoplasmosis, harus segera di obati agar tidak terjadi penularan secara pasif.

Nah, gampang kan? Kita bisa lakuin itu sehari-hari koQ. Makanya itu, cobalah dari hal terkecil karna tetap akan berdampak pada  kehidupan kita. Apalagi kesehatan itu mahal harganya. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? MySpace

Iklan

55 comments on “Penyakit yang Disebabkan oleh Si ‘Imut’

  • di rumah saya ada tiga kucing, dan saya juga lumayan sering tidur sama kucing, lah dia suka naik2 sendiri ke kasur kalo pas dimasukin ke rumah 😀

    emang sih sering kepikiran soal penyakit itu, tapi kalo habis megang2 emang selalu cuci tangan pake sabun, kan namanya kucing, ga tau dia habis main dimana, jadi ga nyaman kalo ga cuci tangan, lagian kucingnya biasanya ditaro di luar dan cuma sewaktu2 masuk :p

  • ia , toxo emang bahaya . Ayas tau di buku biologi kelas X semester dua bab protozoa . bisa parah ntar kalo si ookistanya ada di bayi . bisa-bisa mengalami cacat otak . gawat deh ! 😆

  • yeah, rite-rite.. makanya mamahku ga suka kalo aku deket2 kucing. Jadi sampe sekarang kalo ngga kepepet2 amat, ga mau bermesraan sama kucing. Duh, padahal kucing lucu ngga ketulungan T^T

    anyway, salam kenal 😉

  • weleh.., tumben nih, aku baca sampai tuntas dan meresapi tulisan ini, padahal lagi BW.

    apa penyakit ini juga bisa menular pada laki laki?
    kalau iya, apa yg akan terjadi?? kalo cewek kan bisa mandul, tuh apa cowok juga sama???

    mohon penjelasannya Bu

  • @helga: g bgtu jg ga, boleh aja miara kucing tp ya kudu was2… =)

    @mas ben: haha…rncana bkin kesimpulan doank mlh pnjang gni yak, but believe me…Q dah berusaha bkin sependek mgkn lho… 😛

    @mb faye: itu dah usha pncegahan yg bgus… so, blog yg br yg mn?

    @green: hehe…bs jd tmbhan info mb…

    @deq: msh ingt ja ma peljrn SMA…

    @gandi: slhkan klik ja link yg dah Q lmpirin d ats…mgkn bs lbh mmbantu

    @phi: jgn t’tipu ma tmpang imut mb…hehe, lam knal jg =)

    @oemar: yup, intinya dlm ngelakuin hal appun jgn tll b’lebihan, pun dgn si kucing…

    @van: sama, Q jg minus tp g prnh pgang kucing, jd y…agak lega hehe

    @si Gen: sudah Q tmbah mas, priksa artikel d ats…mksh iaa =)

    @Kampanye: yup, inget abu huroiroh iaa…

    @suwung: smw jg tkt ma pnyakit…tggl gmn cr Qt mncegahnya

  • wah, dulu awak sering gendong-gendong kucing kecil, waktu masih kecil…
    itu temennya kavivi minum obat setaun? wah hebaaat….*awak ga bisa minum obat*
    tapi belom sembuh? kok bisa?? kasian…
    moga bisa sembuh deh temennya kavivi….

  • @squidy: ht2 tu boz…

    @mb faye: jd mb, tp biz itu Q kclkaan, jd g smpt posting, nnggu mpe pnrimaan mrid bru brikut x de…=(

    @pak sunan: ma cma pak…=)

    @sauskecap: iaa mb,mka x serem…

    @irawan: g semuanya koQ mas

    @fitri: hehe

    @daoz: semga dtrima di sisi-Nya =)

    @yak: y mgkn krn dah parah…tp smga dy smbuh, ntr Q slamain k dy… =)

    @ario: hehe, maaf mas…g bs dtahan klo dah ngetik, jd kpnjangan de…mksh dah mmpir =)

    @nadia: ciippp

    @helga: mnju tkp boz…

  • @yolanda: ciiipppp….spt prngatkan sblm t’lnjur =)

    @elia: smga bgtu mas…hehe

    @eru: cow jg bs mandul mas…

    @deni: bs mas, link anda sdh sya pasang

    @deQ: jgn nglindur de…

    @irvan: smga bs b’mnfaat =)

    @orangefloat: stju mbak =)

  • Wah, bagus sekali nih, saya jadi tahu lebih detail…
    Saya tetep suka kucing, meskipun tahu bahwa ada penyakit ini. Ibu saya nge-wanti-wanti sejak saya kecil, jangan terlalu deket ama kucing liar.
    Apa hasilnya?
    Di kosan saya ada kucing, dan hampir tiap hari saya elus2 dan kasih makan sisa. Tapi pastinya saya selalu cuci tangan setelah itu….. 😀

  • hummmm…ngga juga kale semenakutkan itu…haloooooo…yg penting mah dri qt sendri kaleee…jorok pa bersih???n ngga harus si kitty kq yg nyebarin… “SMUA HEWAN…!!!”
    hummmm…so bersih ngga nya pinter2 qt ajh ngelola si kitty…sekarang tuch ada yg nama nya..
    GROOMING=kuku nya d potong,trz si kitty d mandiin,trz kuping na d bersihkan,trz bulu yg ga penting d cukur,trz bulu na d sisir…hummm…jd si kitty tetap bersih khan???pasir na tempat si doi pup jg khan skr dah ada yg wangi???jd ngga harus d tanah khan sob???n si kitty jg bisa qt latih bwt ngga nakal kq..sprti..ngga maem sembarangan(asal kasih mkn tratur ntah itu yg basah ato yg kering d jamin sob klo dy kenyang ngga bakalan dy jajan..) trz pup d pasir yg qt sediakan(asal qt siap bgn jam brp pun n siap angkat pup na stiep dy bis pup) trz soal bulu si kitty yg super lembut qt bisa sisir tiap pagi biar ngga rontok kmna2 trz ganti air minum na dy tiap hari(jgn pke air mentah ya sob..kudu aer yg mateng..)n tetep kasih vitamin y sob..biar te2p sehat n lucu..jgn lupa 3bln skali bw k dokter hewan..sekedar ngecek ajah si kitty qt baik2 ajah…hummmm….simple bgtz khan sob??tinggal qt na ajah yg siap ngga bwt ngrawat si kitty yg super luuuuuuthuuuu n iiiiimuuuuuttt….
    so bwt yg empunya ni tulisan….te2p maksih yah inpo na…n jgn takut bwt miara si kitty…

    —–***—–
    mksh iaa wat sarannya, membantu sekali buat para pecinta kucing… ^^

  • aq mau curhat ni soal toxo ma tmn2 yg perna ngalamin,,cz skr adk aq lg hamil ,trus aq piara 2 kucing jenis persia,,to kucing ngak perna di kandangin ,bebas berkeliaran di dlm rumah,to kucing mau aq buang,tp sayang,,,,pease ya klu ada tmn2 yg mau bantuin,,please call me 081378220444

    —–***—–
    y jgn dbuang…dkasihin ke org ja mas… djual gitu, lumayan kan kucing mahal hehe
    tp kta x ne, klo sering dmandiin, d vaksin dan d bawa ke dokter insyaallah aman koQ ^^

  • sReM jga ya! Tpi di rmh aQ daH 3 kciNg LOh………..gmna doNk aQ daH trLnjuR syang ma kcing2 aQ!!!!!!!! sRan nya doNk mbaK…………..

    —–***—–
    ummm…klo si kucing dijaga kebersihannya insyaallah g kenapa2 koQ mbak, tapi ya itu… butuh perhatian khusus

  • wah jgn gt dunk mendeskrit kucing sembarangn gt,aq benci ma org yg sok suci sok blng kucing bw pnyakit,,keluargaq trun temurn miara kucing dket ma kucing gk ada tuh yg kna toxo ato gk ada keturnan yg cacat jd asal miarax djaga n kucngx bersh gk ada mslh jd jng tkt miara kucing kn lucux stngah mampuz

  • keren nih infox.. q pingin tuh buang kucing di rumah v gmn crax coba.. hewan lucu bermata iblis itu manja bgt.. trus jd telingan banget ma gw ampe skrg lw lg curhat… v thanks buat infox ntr lw hbs pegang kucing q mo cuci tangan or kucingx yg q suruh mandi lw dia mo deket q hhhhehhheee

  • sudah seminggu ini aq temenku laki2 yg umurnya 35th meninggal karena diakibatkan penyakit tersebut,jd semasa kecil sampai dewasa dia sgt suka dg kucing sampai sering tidur dg kucingnya…sewaktu penyakit tersebut menyerang mungkin selama hampir sebulan dia merasakan sakit kepala yang sngt hebat,krn blm tahu cmn diperiksakan sj krn dianggap sakit kepala biasa,setelah diperiksakan oleh dokter spesialis secara detail dg foto rontgen di kepala,penyakit tersebut sudah menyebar di kepalanya…tak berapa lama sekitar satu bulan setelah itu dia meninggal,tanpa bisa diobati,dikarenakan penyakitnya sudah akut….demikian kronologi nyata di pati-jateng…

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: