Akibat Benturan Kepala

ANDA pernah mengalami benturan kepala? Jika pernah, jangan anggap remeh. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui perihal benturan kepala. Apalagi kepala merupakan bagian tubuh yang sangat rawan karena di dalam tulang tengkorak kepala tersimpan aset kehidupan yang sangat penting, yaitu otak dan sistem saraf pusat lain.

Benturan pada kepala dari cukup ringan hingga lebih berat potensial menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Cedera kepala adalah penyebab kematian utama dari kecelakaan lalu lintas, khususnya kecelakaan pengendara motor yang tidak memakai helm.

Pada kecelakaan lalu lintas atau trauma fisik lainnya, benturan yang relatif keras pada kepala dapat menimbulkan berbagai gangguan seperti retak dan patah tulang tengkorak, pendarahan dalam tengkorak, dan tidak jarang berbuntut pada koma serta efek benturan kepala yang lebih ringan yang dapat menimbulkan benjol (hematoma). Benturan kepala juga sering terjadi gegar otak (commotion serebri).

Benturan kepala rentan menyebabkan terjadinya gegar otak. Gejala gegar otak sendiri jika tidak ditangani baik, bisa menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Salah satunya penyakit epilepsi.

Namun tidak semua benturan yang mengenai kepala bisa menyebabkan gegar otak. Itu karena otak dilindungi tengkorak yang kokoh ditambah selaput otak sendiri. Karena itu tidak semua benturan langsung bisa menyebabkan terjadi gegar otak itu sendiri. Begitu kata dr Hengky Indradjaja kemarin.

Dalam istilah medis, benturan kepala disebut trauma capitis. Benturan yang keras bisa menyebabkan gegar otak. Dalam bahasa awam, gegar otak adalah bergeraknya jaringan otak dalam tengkorak. “Hanya bergerak saja,” ujarnya.

Meski hanya bergerak, gegar otak bisa membuat cedera dalam otak seperti pendarahan dan pembengkakan dalam jaringan otak. “Tergantung berat-ringan cedera,” ujarnya.

Untuk memastikan, bisa dilihat dari gejalanya. Jika terjadi gegar otak, biasanya gejala yang muncul adalah pusing, kesadaran menurun, muntah berkali-kali, hingga pingsan. “Makanya jika terjadi gejala ini sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk memastikan gegar otak atau tidak. Pastikan juga derajat gegar otak yang dialami,” jelasnya.

Namun tidak semua gejala muncul saat benturan terjadi. Bisa saja gejala muncul beberapa waktu kemudian. Itu disebut lucid interval. Terkadang ada yang mengalami gejala setelah beberapa jam atau sehari kemudian. “Makanya kadang-kadang ada yang meninggal kemudian. Waktu jatuh tidak ada masalah. Rupanya terjadi pendarahan di otak,” ujarnya.(nid/adi)

Periksa Dokter, Bila Perlu Segera Operasi

BILA Anda mengalami benturan keras di kepala, sebaiknya cepat periksa ke dokter. Dari tekanan darah dan denyut nadi, bisa dilihat apakah ada kelainan di dalam otak. Jika ada kelainan, kata Hengky, “Baru untuk memastikannya dilakukan CT scan.”

Lalu apa saja dampak gegar otak itu? Jika gegar otak ringan biasanya dalam beberapa hari bisa kembali normal. Gegar otak ringan tidak sampai menyebabkan terjadinya pendarahan di dalam jaringan otak. “Memang ada gangguan memori, tapi sementara. Beberapa hari biasanya akan kembali normal,” ujarnya.

Namun pada gegar otak berat yang menimbulkan pendarahan, harus segera dioperasi untuk menghilangkannya. Jika pendarahan menutupi semua otak, orang tersebut bisa meninggal dunia. Kalaupun hidup, menimbulkan kecacatan. Selain itu, meski sembuh, luka parut dalam jaringan otak tetap menimbulkan kecacatan pada otak. “Komplikasi paling sering akibat luka di jaringan otak ini adalah epilepsi.”

About these ads

192 Komentar (+add yours?)

  1. krispianus bheda somerpes
    Agu 30, 2009 @ 06:31:42

    waduh…jadi takut….gw sering main sepak bola..n sering ngomper bola pake kepala…gimana tuh…sejak SMU sampai sekarang di usia 27 tahun masih sering kayak gitu…wah..wah…

    oh ya thanks ya telah mengunjungi blod ku…memang benar budaya kita beragam jadi Indoensia ini emang khas and unik loh…hahaha

    Balas

    • a-niq
      Agu 26, 2013 @ 07:21:17

      cwokuh pernah kebentur kepalanya waktu masuk pintu rumahnya pake sepeda ,ndak sengaja pas pintu kepalanya dinaikkan keatas pass ubun** nya kebentur keras bgt ..truss dia sering mengeluh kalo sakit kpala ,pernah juga matanya buram .truss solusinya gmana yah ..aku kasian sama dy sering ngeluh keaku :’( .TRIMAKASIH.

      Balas

      • avokadojuice
        Agu 27, 2013 @ 15:51:34

        mb a-niq tidak meninggalkan email ya? hmmm…. gimana cara saya menyampaikannya ya…

        Saya pernah mengalami benturan kepala berkali-kali. Akibatnya kepala saya sering pusing, bahkan pernah sampai mau muntah. Kena AC terlalu lama pusing, kepanasan juga pusing, mikir berat sedikit pusing. Benar2 tersiksa. Tapi alhamdulillah saya konsum NRG Tea, info bisa dilihat di sini http://nutrisicantik.blogspot.com/2011/08/nrg-instant-tea.html dan juga Shake http://nutrisicantik.blogspot.com/2011/08/f1-nutritional-shake-mix.html. Alhamdulillah pusing2 tersebut sangat-sangat berkurang bahkan jarang sekali kambuh, hampir tidak pernah kambuh. Rasanya menyenangkan sekali dan sangat bersyukur karna bisa lebih optimal beraktivitas!

        Coba saja untuk konsum produk tersebut. Tidak ada efek samping bahkan membantu untuk lebih sehat! Semoga mb A-niq membaca balasan saya dan bisa terbantu dengan info tersebut. Terimakasih….

    • avokadojuice
      Agu 27, 2013 @ 15:53:45

      wah, maniak sepak bola ne?
      yah… klo bola na masih terbuat dr plastik se g pa2, asal jgn dr batu aja hehehe

      mksh jg dah comment d blog Q, ne msh berantakan, mklum msh junior,
      mhon bantuannya… ^^

      Balas

  2. Shelly
    Sep 21, 2009 @ 04:23:02

    aku pernah terbentur besi portal, aku ga muntah ataupun panas, cuma agak pusing aja pas abis terbentur, masalahnya setelah kurang lebih 2 tahun, kalo capek/ masuk angin kepalaku sering pusing, apa mungkin ada pengaruh waktu terbentur itu ya?

    Balas

    • avokadojuice
      Sep 21, 2009 @ 22:17:02

      bisa jd itu…
      Q jg gt, abis kclakaan jd gmpng pusing,
      kena panas pusing, kena AC pusing… bngung jd na mw hdp d mn
      hehehe

      mksh ats knjungan na…

      Balas

    • jun
      Des 27, 2012 @ 16:45:34

      kalo aku sering kena pukul dan tendangan,bahkan sempat seketika itu aku pingsan,tapi ini dalam hal pertarungan/latihan di beladiri(taekwondo dan tarung derajat).sampe sekarang aku juga kadang tiba2 ngrasa pusing+penglihatan jadi burem gitu,apakah mungkin ada masalah didalam kepalaku?masalahnya aku takut untuk periksa ke dokter

      Balas

  3. Vie
    Okt 27, 2009 @ 12:02:24

    Dl wkt kls 4 SD gw pna jatuh , kepala belakang kbentur tanah. Ga knp2 tp tengah mlm tejadi mimisan hebat d sertai demam tinggi. Cm saat itu aja. Esok’y gw biasa lg tanpa keluhan apapun tp sjk 3th lalu gw jd sering ngalamin sakit kepala yg kdng gw sampai ga bs nahan rasa sakit’y.. Itu knp ya?

    Balas

    • avokadojuice
      Okt 29, 2009 @ 11:28:09

      Q g tw knp alsn na, tp ap yg km rsain jg srg drsain org yg biz alami kclkaan, Q pun jg srg pusing klo kna panas, AC n kcpekaan krn mkir yg brat2, pdhl sblm na g prnh gt
      mgkn krn nm na jg kclkaan, pst ada yg ‘berubah’ wkt kepla Qt terbentur sesuatu, mka dsarankan sgera k RS wlwpun luka na terasa g bgtu prah, cm nge-cek ja, apa ada yg berubah serius…

      Balas

  4. lutfiah
    Feb 02, 2010 @ 03:10:10

    prnh jtuh naek kndran,,,n kepala terbentur….wktu itu pake’ helm,,,,
    tpi stlh jtuh,ngk sdarkan dri,,,,jdi stlh sdar…baru kerasa ada benjolan,,,,skrng benjolannya udah sembuh…
    tpi ngejalani kehdupan jdi krsa berubah,,,
    kyk g isa ngerasain sneng ato sdih….
    jlan hdup kyknya biasa j….
    i2 knpa ea????

    Balas

    • avokadojuice
      Feb 02, 2010 @ 13:56:51

      wahh…msa mpe gt se??
      Q jg prnh kclkaan gi, jth x g pake helm, tp g smpe pingsan…
      akbt x stlh i2 kpla Q srg pusing klo kena AC,

      mgkn prl dpriksain k dokter mb?

      Balas

  5. riri
    Feb 03, 2010 @ 01:35:33

    gw dari kls 2SMA mpe skrg gw smt 3..sering dipukuli co gw dibagian kpla..akibanya skrg gw sring pusing kdang smp mi2san..

    Balas

  6. yessie
    Feb 11, 2010 @ 13:27:53

    sama jg ak pernah kecelakaan mpe gegar otak kata dokter kalo ga manut bisa OON so ak manut aja tidur ga pake bantal, ga boleh gerak2 tapi akibatnya setelah keluar dari RS aku jadi ga bisa baca kalo bisa baca ga bisa memahami maksudnya tapi Alhamdulillah akhirnya sembuh juga sekarang dah bisa kuliah lagi, cuma sama kalo kena panas, mikir berat, suka pusing malah akhir ini sering vertigo…. apa itu dampak nya yaaa

    Balas

  7. yuni
    Mar 01, 2010 @ 11:34:37

    Alo Vivi, salam kenal ya….

    Aq baca2 blog kamu & liat banyak temen2 yang pny masalah yg mirip2 dgnmu seputar pengalaman terkena benturan di kepala. Sama dengan Anak q (umur 2thn) jg pernah jatuh terpeleset & terbantur kepalanya di bagian belakang, sampai muntah. untungnya sampai saat ini, belum ada keluhan efeknya, krn waktu itu lsg aq berikan obat special utk benturan kepala itu.

    Sebelumnya aq jg pernah baca & mendengar byk org berkata tentang efek negatif kalo kepala pernah terbentur. Memang benar seperti yg udah kamu utarakan. Tapi baru2 ini aq melihat 1 kasus yg agak lucu.
    Disekitar tempat kami terjadi tabrakan antara pengendara sepeda motor dengan pejalan kaki. yg terbentur adlh pejln kaki ini, hingga giginya harus dicabut 2 buah. Secara logika kalo sampe giginya yg copot, benturan itu adalah dibagian depan kepala. Tapi setelah kejadian tabrakan itu, justru si Korban ini menjadi waras. Ternyata sebelum kecelakaan itu, org ini ada sedikit mslh kurang waras, orgnya suka melamun, kl diajak ngomong suka nga nyambung, kadang kl sedang kumat, dia bs buka baju sambil nari2. Tapi sjk kejadian kecelakaan itu sampai hari ini, dia jd normal dan nga pernah kambuh lagi. Harusnya hal ini bisa dijelaskan secara medik, tp krn si korban org tdk mampu, dia tidak mencari dokter.
    Tp syukurlah skrg dia jadi bisa hidup normal:) aq nga tahu mengenai efek negatif yg dia rasakan dikepala, apakah sama seperti yg teman2 rasakan ato nga.

    Utk teman2 yg pny masalah seputar kepala, Saran q, mungkin kamu bisa konsumsi 1 macam obat herbal yang bentuknya seperti majun itu, nama obat itu adalah “ANGONG”. Khasiatnya sangat bagus, bs merangsang dan memulihkan kesadaran dari pingsan dan koma akibat panas tinggi atau stroke, radang selaput otak, gangguan pembuluh darah otak, koma hepatic dan kejang (stuip) pada anak2 yang panas tinggi. Obat herbal ini bisa diminum baik utk org dewasa maupun anak2. Sangat baik diminum lsg setelah kejadian benturan, tapi utk kasus yg susah berlalu beberapa waktu, herbal ini jg bs membantu penyembuhan, tapi mungkin butuh waktu yg lebih lama.

    Semoga infonya bermanfaat ya….

    Balas

    • harry
      Agu 11, 2013 @ 01:51:24

      bukan anggong bu tapi ang ko..harganya 900 rb yg asli…tp bener2 ok tuh..utk anak2 jg ada harga lebih murah tp asli jg.

      Balas

  8. lia
    Mar 11, 2010 @ 15:58:45

    aku mau tanya kenapa yang terbentur kepala malah tidak dapat jalan??

    —–***—–
    krna bisa jadi saat kepala terbentur, ada beberapa syaraf yang terganggu akibat dari ‘benturan’ tersebut, mungkin bisa jadi syrafnya yang menghubungkan dengan otot2 kaki terganggu sehingga membuat si penderita tidak dapat berjalan. Bgian kepala sangat riskan terhadap benturan, bisa2 anggota tubuh yang lain pun ikut terganggu karna di kepala adalah pusat dari seluruh tubuh. Emmm…itu sih, menurutku mbak, saya g terlalu tau dengan dunia medis, sebaiknya ditanyakan pada yang ahli ^^

    Balas

  9. SRITITIN
    Mei 13, 2010 @ 04:11:22

    KEPALA SAYA TERBENTUR DI DINGDING TRUZ SAYA MENGALAMI MUNTAH PHA YG HRS KU LAKUKAN????????????
    DA 2 HR SAYA BERBARING

    DI RUMAH SAKIT

    —–***—–
    ikuti saran dokter saja mbak….
    ato bisa konsumsi obat yang disarankan di kolom komentar

    Balas

  10. mila
    Mei 15, 2010 @ 07:43:28

    Assalamualaikum…
    10hari yang lalu…saya kecelakaan…helm saya jatuh…dan kepala terbentur di aspal…
    trus saya ga sadarkan diri selama 5menit…
    tapi hasil CT SCAN ga apa2 kata dokter…
    tapi saya dirawat di rumah sakit selama 3 hari… tapi akhir2 ni kepala akibat trauma benturan sakit sekali… wajah sebelah kiri saya bengkak dan mata saya memerah dan agak bengkak waktu kecelakaan tapi sekarang udah ga begitu bengkak tapi mata say masih memerah…dan kepala masih pusing…
    untuk mbak yuni…obat itu aman ga kalau dikonsumsi?
    untuk vivi…lam kenal ya…

    —–***—–
    herbal insyaallah aman mbak, saya mendukung hehe…
    lam knal jg ^^

    Balas

  11. wily
    Mei 28, 2010 @ 02:12:31

    aya mau tanya neh, waktu bulan kemari sewaktu saya sekarang melakukan praktek disebuah pegunungan di daerah bandung, saya terpeleset di air terjun dan kepala saya berbenturan dengan dinding batu, setelah itu saya ga knp2 tp shari baru kerasa sakitnya mpe sekarang jg mash kerasa …
    kenapa ya???
    mohon infonya ya…

    —–***—–
    tanyakan pada yang ahli gan…sudah ke dokterkah?

    Balas

  12. tonny
    Mei 29, 2010 @ 10:45:44

    gw baru kemarin niy katoh masih pusing sampe sekarang tapi ga muntah gmn yah ???

    —–***—–
    ummm dah ke dokter mas?

    Balas

  13. didi
    Jul 03, 2010 @ 12:56:32

    makasih atas infonya ya..adikku abis kecelakaan, udh 2 hari blm sadar. tlng donk kasih saran supaya adikku cepet sadar. adikku udh msuk RS Adam Malik medan 2 hari yg lalu.
    bales ke email-ku aja ya…

    <—–***—–
    sudah dikirim balasannya di email mas…. semoga adik cepet sembuh ^^

    Balas

  14. santi
    Jul 13, 2010 @ 07:53:48

    Dokter, ada yang mo ditanyakan. barusan td pagi sya kejatuh dari sepeda motor. Boncengan ma temen. kepala bagian belakang kebentur keras di atas aspas karena jatuhnya terlentang. udah dibawa ke dokter, dan dikasih obat asam mefanamat (dari info yg sy dapt di internet katany ini obat anti nyeri) , berlosid a. hydroxide-dimethicone Mg. hydroxide (penetral asam mefanamat kali), farmabion (kyaknya ini obat penambah darah ya seperti sangobion), ETA, OFC (dua terakhir ini saya gak bisa menebak fungsinya). trus saya jg disuntik tetanus, yang katanya dokter nya untuk pencegahan karena ada luka ditangan saya. Apa obat di atas udah tepat gak ya?
    Trus jg timbul masalh di rahang saya. saya jadi kesulitan untuk mengunyah. jd sekarg terpaksa makan bubur. Gimana hubungan antara benturan di kepala belakang saya dengan masalh dirahang ?
    trims sebelumnya. mohon bales di e-mail yang dok
    ———————————————–***—————————————————-
    sudah dibalas email, mabak, terimakasih :)

    Balas

  15. aliya
    Jul 15, 2010 @ 07:37:16

    itu ibu ak yg kebentur,kepleset tapi di rmah aja. kta.na pusing trus muter-muteer gt,kadang abs pusing n muter muter jadi gelap gmana gt. .
    ak mo tanya kyk gt ngatasin.e gmna?obatny apa.?
    ud k dkter tp msh khwtr. .

    ——————————————***———————————————————-
    balasan sudah dikirim email mbak… terimakasih ^^

    Balas

  16. Harry P
    Jul 15, 2010 @ 10:29:37

    Anaku ( 8 tahun ) 3 minggu yg lalu kepalanya kebentur lantai cukup keras. Malam harinya susah tidur karena kepala pusing tapi gak muntah, 2 minggu kemudian tiba2 kepalanya pusing, seluruh badan dingin, terus muntah. Ada yang komentar gak apa2, ada pula yg komen serem…. saya jadi bimbang neh, apa yang mesti saya lakukan ya…

    Balas

  17. Inay
    Jul 22, 2010 @ 00:33:45

    Sy 2 hr yg lalu jth dr motor. Kepala bgian kiri trbntur n smpe skrg msh benjol gt. Wkt baru2 jth c gk trasa skt,tp skrg kpla trasa brat n srg mual. Udh k dokter n dkasi obat,tp msh rada tkt neh :-( Klo mo priksa lbh lanjut,ke dokter spesialis apa ya?

    Balas

  18. Endah
    Agu 12, 2010 @ 02:55:44

    Dulu saya pernah jatuh dari boncengan sepeda dan kepala bagian belakang terbentur aspal, setelah 6 tahun kemudian saya merasakan efek yang begitu hebat : kepala pusing, mual, seluruh tubuh kesemutan dan keluar keringat dingin, tapi setelah muntah semua akan menjadi normal kembali…hal seperti ini saya alami setiap 1 tahun sekali…ada apa dengan kepala saya?
    Kemudian saya berobat herbal dan Bapak yang menangani saya bilang kalau saraf motorik saya yang bermasalah, kuncinya badan tidak boleh terlalu capek?
    Tolong beri saya saran lewat e-mail ya…terima kasih.

    Balas

  19. Wilson
    Agu 22, 2010 @ 14:40:14

    Dok, ada teman saya yang mengalami kecelakaan.
    Kondisinya sekarang dari hasil CTScan darahnya sudah menutupi hampir setengah dari otak.
    Menurut dokter yang menanganinya untuk operasi sudah nggak bisa, yg bisa adalah mengeluarkan/membersihkan darah di otak. Itupun harus dijalani setiap brapa bulan sekali.
    Menurut dokter apa ada pilihan lain?
    Yang dari koment di atas ada obat “ANGONG” kira2 bagus gak?
    Dan dapatnya dimana?
    Tolong dibalas ya?
    Thx

    Balas

    • Sherlys
      Nov 05, 2012 @ 01:06:28

      Assalamualaikum…
      Saya jg mengalami hal yg sama(kepala terbentur keras )akibat jatuh terpeleset, dptkah ANGONG membantu penyembuhannya dan dimana dijual, adakah di apotik?

      Balas

  20. Wilson
    Agu 22, 2010 @ 14:47:39

    Dok, ada teman saya yang mengalami kecelakaan.
    Kondisinya sekarang dari hasil CTScan darahnya sudah menutupi hampir setengah dari otak.
    Menurut dokter yang menanganinya untuk operasi sudah nggak bisa, yg bisa adalah mengeluarkan/membersihkan darah di otak. Itupun harus dijalani setiap brapa bulan sekali.
    Menurut dokter apa ada pilihan lain?
    Yang dari koment di atas ada obat “ANGONG” kira2 bagus gak?
    Dan dapatnya dimana?
    Tolong dibalas ya?
    Thx

    Nb: Keadaannya sekarang sering pusing dan sakit.

    ————————————***—————————-
    sdh dibalas di email ^^

    Balas

  21. susanto
    Nov 04, 2010 @ 04:21:38

    dok mau tnya,sy pnah jatoh dr ketinggian kira2 ampir 2meter,kpala blakang sblah kiri terbentur lantai,dan kata tmen sy,sy pingsan slma 2jam,abs itu sy ke dokter,krn kpala sy skit bgt,trz kata dokter ga knp2,trz dikasi obat,sy lupa nama obatna,.singkat crita,6thn kemudian,sy mrasa skit lg dikpala,kambuh gt,jd sy bingung,knp bs kek gt lg,tlg dibantu dok?

    Balas

  22. Little
    Nov 10, 2010 @ 09:39:04

    kemarin saya jatuh dari motor,kepala saya terbentur sakit sekali rasanya sampai gak kuat bangkit,setelah bangkit kepala saya pusing lalu perlahan menghilang sakitnya, tapi malamnya leher saya mulai terasa tidak bertenaga dan sakit, hingga sulit mengangkat kepala. sehari setelahnya punggung saya mulai pegel,serta bagian atas perut.kira2 ada ada efek apa ya?berat atau akan segera sembuh sendiri?

    Balas

  23. aa
    Nov 24, 2010 @ 13:48:33

    saya terkena benturan sepak bola cukup keras,,dibagian blakang sebelah kiri..sudah 2 hr kepala masih terasa nyut2an.bahaya tidak ?

    Balas

  24. Ikra puncak
    Nov 26, 2010 @ 11:38:39

    Trima kash atas info ini. Sangat brmanfaat…

    Balas

    • Ryan
      Mar 13, 2012 @ 23:04:28

      Dok, anak saya minggu jatuh dari kasur. Umur baru 13 bulan. Habis jatuh langsung nangis kencang. Lalu diusap2 kepalanya. Jatuhnya kena kepala bagian kanan. Selama 2 hari ga ada gejala apa2. Hari ke 3 kepala anak saya yg bekas terbentur terasa lembek. Saya khawatir kenapa2 sama anak saya, fan hari ini mau dibawa ke dokter. N di mau di ct scan. Moo info nya kepalanya jadi lbek gaa2 apa yah?

      Balas

  25. widya
    Des 17, 2010 @ 15:45:22

    dok, anak sy step udah 6 kali. yg pertama usia 10 bln, yg ke-2, 12 bln, yg ke-3 usia 22 bln, ke-4 usia 24 bln, ke-5 usia 27 bulan, yg trakhir usia 33 bln.. yg pertama, ke-2, dan ke-4 opname.. apa ada tanda2 epilepsi? kpn bisa dlakukn EEG? yg trakhir baru 2 hari yg lalu..

    Balas

  26. andri
    Feb 19, 2011 @ 03:53:29

    saya juga pernah kecelakaan motor samapi berakibat luka d kepala
    sesudah kecelakaan itu saya sering pusing mungkin efeknya………..

    ——————————***——————————–
    sdh dibalas di email ^^

    Balas

  27. armansyah
    Feb 22, 2011 @ 17:39:01

    Dok,,kepala saya pernah terbentur diaspal pas kecelakaan,,benturannya itu sempat lembek,mgkn gara-gara darah yang gak jadi keluar,,, saya gak pernah periksa kedokter karena saya pikir gak apa-apa,trus dah 2 tahun ini bekas benturan yang sempat lembek itu kini sudah mengeras an skrng mslhx,,kepala saya sering banget nyut-nyut pas dibagian yang dah terbentur itu dok,,sering kali juga migran,,dan yang paling membingungkan sakit itu muncul kalau ada perubahan cuaca,,apalagi pas kepala kena panas dan saya berfikir keras pasti gejala sakitnya kambuh,,,jadi mohon petunjuknya dok,,terimakasih sebelumnya.

    ———————————-****—————————–
    sudah dibalas di email ^^

    Balas

    • aldrin kading
      Des 21, 2011 @ 05:04:59

      kemarin saya main sepak bola trus saya tergelincir. kepala belakang saya terbentur trus pusing malam harinya leher saya sakit….apa itu bahaya?
      dan bagaimana cara pengobatanya?

      Balas

  28. Mimibetavia
    Feb 26, 2011 @ 13:36:55

    Saya mau tanya d0nk..
    Kemaren saya sama temen saya ngalamin kecelakaan dri bajaj trz kepala sya bagian kanan kebentur a5pal trz benj0l n sakit gtu.. Truz saya haruz gmn? Parah ga yak? M0hon infonya yak

    —————————-***————————————-
    sdh dibalas di email mb… :)

    Balas

  29. rino pratama
    Mar 02, 2011 @ 07:17:32

    dok saya pria 25 tahun, saya pernah pingsan dan kepala belakang saya terbentur lantai sampai benjol lumayan besar.. sudah 4 hari saya msh merasakan sedikit pusing akibat benturan.. apakah itu berbahaya dok?

    ——————————–***———————————
    Sudah saya balas di email, mas ^^

    Balas

  30. david
    Mar 13, 2011 @ 13:45:36

    3 hari yang lalu saya terjatuh dr kursi, dan kepala saya terbentur ke lantai cukup keras dan sempat pingsan kurang lebih 1menit, dan menurut adik saya, ketika jatuh saya sempat kejang. Akibat benturan itu jidat sebelah kanan saya benjol lumayan besar dan dagu luka memar. Hingga hari ini yang saya keluhkan adalah kepala selalu pusing2, dan jika sedang makan pelipis kanan dan mata sebelah kanan sakit saat mengunyah, apakah itu berbahaya? Hingga saat ini saya blum periksa ke dokter.

    Balas

  31. nana
    Mar 24, 2011 @ 13:36:30

    q pengen tanya kalo habis jatuh dari motor kepala aku terbentur aspal bag belakang selang beberapa menit mual pusing apa itu ada gejala geger otak. 3 mingguan lebih kepala bag. belakang aku pusing dan penglihatan aku juga berkurang

    Balas

  32. rivo chandra
    Mar 29, 2011 @ 14:57:52

    saya mau tanya..waktu itu saya kebentur sampe kluar darah di kepala..pertama kali tersa pusing n mual…2 hari kemudian saya makan tapi makanan nya dah gak ada rasa sama sekali..itu knp ya????

    Balas

  33. odank
    Mar 30, 2011 @ 00:54:56

    dok, mw tany nch….
    kmrn q biz tabrakan truz jatuh saat futsal…
    lhah kt tmn2 sy gt, biz it istrhat smpe futsal slse truz plg kkoz lgsg tdr..
    bngun tdr kplaq trsa sakit bgt, pusing bagian belakang, sejak bangun tdr it q g ingt biz knp..n sdkt g ingt ap2..bhkn uang bnyk d dmpetq q g tw bwt bl ap..tp syukurx pagix ud g pusing n ingt sdkit2 memori kmrn..yg sy tnykn ap ad hal serius yg terjd dkplaq??
    thanks be 4…..

    Balas

  34. nuril
    Apr 02, 2011 @ 06:16:27

    Doktr, saya mw tanya nih…. please.\
    waktu saya berenang dikolam renang, saya melompat renang,
    kepala saya smpe terbentur Keramik dasar kolam renang, sampai rasanya seperti mo Pingsan,
    tp Alhamdulillah ga berdarah,
    tp akibat dr itu Benjol dikepala bagian atas+di bagian rahang gigi saya rasanya sakit ngilu sampe leher sebelah kiri..
    menurut Doktr….. penyakit yg sy alami ini brbhaya tidak?
    Mohon Penjelasannya…. Trims b4

    Balas

  35. syarifah
    Apr 07, 2011 @ 14:53:26

    dok mau tanya anak pertama saya skrg umur 4 thn 3 bln. Dulu sering jatuh dilantai dan terbentur dinding rmh, kalau jatuh dilantai kena bagian belakang kepala. kadang2 benjol, 2 sampe 3 hr dah normal.tp gak pernah sampe muntah. Kmdn anak sy yg ke2 skrg umur 1thn 9 bln. Juga sering jatuh, tp yg sering kena adalah kepala bgn dpn. Benjol sampe semgg. Pernah jg muntah2. Kr2 gmn ya dok pengaruhnya utk kedpn hari.?

    Balas

  36. ika
    Jun 06, 2011 @ 12:29:19

    Aku punya cowok, dia pernah jatuh dari motor trus kepalanya terbentur. sekarang dia kadang2 hilang kesadaran hingga beberapa menit trus bisa sadar lagi kayak biasa. Ada yang tau g y obatnya?? aku pengen banget dia sembuh..

    Balas

  37. Ukhti Meli
    Jun 13, 2011 @ 06:44:17

    baru2 ini aq mengalami benturan cukup keras d kepala.yg aq rasakan wktu itu adalah pusing.alhamdulillah…sblmx aq g pernh mnglmix.tpi kuatir jg sih stlh kjdian itu.mdh2an tdk mnmblkan akibat yg ckup serius.

    Balas

  38. bain
    Jun 15, 2011 @ 11:15:08

    Dok,,kepala saya pernah terbentur diaspal pas kecelakaan,,benturannya itu tepat di jidat,mgkn gara-gara benturan itu darah yang gak jadi keluar,,, saya gak pernah periksa kedokter karena saya pikir gak apa-apa,trus dah 2 setengah tahun ini kepala saya sering banget nyut-nyut pas dibagian yang dah terbentur itu dok,,sering kali juga migran,,dan yang paling membingungkan sakit itu muncul kalau ada perubahan cuaca,,apalagi pas kepala kena panas dan saya berfikir keras pasti gejala sakitnya kambuh,,,jadi mohon petunjuknya dok,,terimakasih sebelumnya.

    ———————————-****—————————–

    Balas

  39. dinoot
    Jun 15, 2011 @ 12:36:42

    tadi saya jatoh kena ubin ,kers banget tapi cuma pusing .gmna ya cara antisipasinyaa ?

    Balas

  40. xisxon
    Jun 17, 2011 @ 13:59:53

    Dok, saya beberapa hari kemarin terjatuh trus bagian belakang kepala saya terbentur cukup keras, sampai sekarang saya masih merasa pusing dan agak sakit di bagian yg terbentur itu, apa di kemudian hari bisa menimbulkan efek, akhir-akhir ini saya sering merasa mual, terima kasih atas jawaban dari bu dokter, salam.

    Balas

  41. intan hellys
    Jun 20, 2011 @ 06:17:08

    saya mempunyai adik yg berumur 10thn. dia sempat terbentur kepalanya (lantai) saat bermain bola dng teman2. alhasil dari benturan kepala sebelah kiri mengakibatkan tidak dapat melihat mata kanannya. gejala yang dialami pertama kali, terkena struk sebelah hanya bagian kepala, jadi mata, pipi, mulut kebal/kesemutan tidak dpt merasakan apa2, dan bola mata hitamnya jadi naik keatas. hingga sekarang fokus mata sebelah kanan tidak dapat melihat dgn jelas, jika diperiksa min/plus matanya tidak dpt diprediksi dgn baik krn fokus matanya tidak normal. Sudah sempat dibawa ke RS daerah tangerang dirawat 3bulan, tapi itu hanya sembuh sementara saja dan setelah itu kambuh lagi. Dokter hanya menyarankan untuk dioperasi pada tulang punggung belakang, hanya saja ortu & klrg besar tidak setuju karena efek dari operasi tulang punggung amat berbahaya. jadi kami ambil jalan lain yaitu alternatif, mencoba akupuntur, pijit saraf (refleksi) tetapi posisi mata yang berubah (tidak fokus) tidak dpt kembali normar, coba minum obat2 herbal/jamu2 cina, itu cuma mematikan virus yang ada diotaknya saja. Yang mau menjadi pertanyaan saya, kira2 ada beberapa teman2 yang mengahui dokter dalam negeri atau luar negeri/alternatif yang bisa mengembalikan fungsi saraf sensorik dan motorik adik saya? saya mohon bantuan dari teman2 semua. Terima kasih

    Balas

    • intan hellys
      Jun 20, 2011 @ 06:29:22

      ada tambahan, ketika jatih sempat terduduk terlebih dahulu, jadi ada kemungkinan kena tulang ekor baru kepala terbentur. Setelah kejadian itu, adik saya mengalami muntah2 terus dan sakit kepala yang luar biasa, sampai terakhir terkena struk ringan dibagian kepalanya. kejadian ini sudah hampir 1 thn dan sampai skrg kami sekeluarga sedang mencari2 informasi untuk mengembalikan fungsi saraf pada matanya. Terima kasih

      ———————————————-* * *——————————————–
      maaf mbak intan, saya g tau kalo dokter luar/dalam negeri, tapi saya tau di balik pembuatan produk Herbalife ada Dewan Medis Herbalife bernama dr. Louis Ignarro, yang LUAR BIASA beliau adalah dokter peraih nobel. Mbak Intan bisa lihat info detailnya di wikipedia (klik di sini)

      Dan produk Herbalife sendiri adalah Nutrisi Celluler, yang artinya nutrisi untuk sel. Jadi kerjanya menutrisi sel-sel dalam tubuh, Sehingga sel-sel tubuh yang sudah ternutrisi akan regenerasi dan bekerja lebih baik sehingga akan menyembuhkan diri sendiri. Silahkan untuk mencoba lebih dulu, info lebih detail ttg produknya bisa dilihat di http://www.nutrisicantik.blogspot.com.

      Terimakasih, semoga bermanfaat :)

      Balas

  42. time
    Jun 22, 2011 @ 17:03:58

    ada keluhan lain. suami saya pernah kecelakaan motor tp dia ditabrak dari blkg dan mengenai kepala bagian samping kanan dibelakang telinga, pas ditulang itu. Seketika bengkak besar, tp tdk sempat dibawa ke RS. Hingga saat ini dia kadang merasakan sakit, nyeri n seperti ditarik2. Terkadang sampai hilang kesadaran sejenak. saya khawatir klo suatu saat terjadi sesuatu dengan suami. adakah cara penyembuhannya ato terapi apa yg bs kami lakukan?

    ———————————–* * *——————————————-
    segera periksakan ke dokter mbak dan coba konsumsi Nutrisi Herbalife untuk kesehatan yang lebih baik. Bisa dicek di http://www.nutrisicantik.blogspot.com. Untuk Nutrisi Otak bisa dilihat di sini dan sini.

    Terimakasih, semoga bermanfaat :)

    Balas

  43. rini asnita siringoringo
    Jun 24, 2011 @ 03:16:37

    Dok q mw nanya ne anak q umur 7 bln jatuh dr tempat tidur n jidadny kebentur kelantai n stlh beberapa menit kemudian jidad ny jd membiru.
    memang sih pas dy jatuh ga ad gejala ap2 tp yg saya takutkan dok apakah dikemudian hari gejala ny timbul dok
    Mohon sarannya ya dok
    Dan bs tdk ramuan angong itu dpt diberikan sm bayi 7 bln….
    Thanks

    —————————————————————-* * *—————————————————–
    Saya tidak tau menahu tentang angong mbak rini, tapi kalo Herbalife saya tau. Nutrisi Herbalife bisa diberikan untuk segala umur dan tidak ada efek samping. Silahkan cek di http://www.nutrisicantik.blogspot.com, untuk info detail Nutrisi Otak bisa dilihat di sini dan sini.

    Terimakasih, semoga bermanfaat :)

    Balas

  44. ACHMAD FAUZI
    Jun 27, 2011 @ 13:56:37

    Dok , apa obat gegar otak / sering pusing setelah jatuh dari sepeda motor ? Terima kasih

    ————————————–* * *———————————————-
    Biasanya setelah kecelakaan, dokter memberi obat untuk mengurangi rasa sakit. Tapi saya menyarankan untuk mengkonsumsi Nutrisi Otak dari Herbalife, yaitu N.R.G Instant Tea dan Herbalifeline untuk mengantisipasi keluhan kesehatan di kemudian hari. Info detail produk bisa dilihat di http://www.nutrisicantik.blogspot.com, di sini dan di sini

    Terimakasih, semoga bermanfaat :)

    Balas

  45. Ati
    Jul 02, 2011 @ 08:44:14

    Sekitar 42 hari lalu Adik saya mengalami kecelakaan motor,kepalanya kena benturan,sempat g sadar selama 3 minggu n setelah sadar da sebagian memorinya yg hilang, gampang emosi dan tingkahnya jadi seperti anak kecil..kata dokter otakna pernah mengalami kekurangan oxigen trus sekarang dikasih vitamin otak dan menurut dokter dia akan kembali normal dalam waktu 3 bulan..mohon sarannya,
    Apakah angong ato binahong dan pijat saraf dapat mempercepat kesembuhannya.
    Mohon dibalas ke email saya,trimakasih

    ————————————————–* * *————————————————-
    insyaallah dengan mengkonsumsi produk Herbalife akan memberikan efek yang sangat baik untuk tubuh adik Anda. Balasan sdh saya kirim di email mbak, terimakasih. Silahkan kunjungi http://www.nutrisicantik.blogspot.com untuk melihat detail produk. Semoga bermanfaat :)

    Balas

  46. Nusantary
    Jul 15, 2011 @ 04:41:49

    dok,,saya sudh mengalami skt kepala dah 2 thn,,pa kah bisa di katakn gegar otak?????? dan saya jga tdk pernah memeriksa ke dokter.

    —————————————————— * * *—————————————————-
    apakah pernah mengalami benturan kepala sebelumnya? apakah stlh benturan tersebut anda merasakan pusing, kesadaran menurun, muntah berkali-kali, hingga pingsan? kalo iya cb periksakan dl ke dokter :)

    Balas

  47. Ulin Nuha
    Jul 18, 2011 @ 12:34:15

    kurang lebih 1 tahun yang lalu, aku jatuh dari motor dengan kecepatan 100 km/jam, tapi aku nggak pingsan. tapi ada benjolan tepat di belakang telinga sebelah kanan dan beberapa hari kemudian benjolan itu hilang. tapi, sekarang aku merasakan sakit kepala yang begitu hebat, urat-urat yang ada di bagian kepalaku itu seperti di iris-iris dan dari dalam kepalaku itu seperti ada jarum yang menusuk keluar. tapi selama ini aku nggak pernah pingsan.
    sejak aku jatuh itu, belajarku jadi terganggu akibat sakit yang kurasakan di kepala. apa yang harus aku lakukan Dok ????

    ——————————-* * *——————————
    langkah pertama: periksakan ke dokter, hehe
    mksh dah mampir ke blog :)

    Balas

  48. ais
    Jul 25, 2011 @ 17:27:55

    dok, kalo terbentur di kepala tepat bagian atas dengan keras, gmn? saya lagi lari dan ga sengaja kepala bagian atas saya nabrak kayu. dan sekarang benjol. efeknya cuma pusing saja. gmn tuh?

    Tolong ya

    —————————————* * *———————————————–
    sdh diperiksakan ke dokter?

    thx iaa dah mampir ke blog, salam kenal :)

    Balas

  49. Erlaniyati Siboro
    Agu 02, 2011 @ 12:07:47

    saya butuh informasi,
    adik saya pernah jatuh sewaktu msh SD, kepala bgian belakang terbentur, sampai demam dan muntah-muntah, dan dia sudah 3 kali pernah mangalami jatuh yg serupa,
    skrg setelah kelas dua SMP adik saya jd bertingkah yg aneh, dan keadaannya cukup menyedihkan, hampir seperti org yg tdk waras, kami sdh scanning otak, tp ternyata normal, yg mw saya tanyakan ini masalahnya kelainan dibagian mana adik sya lg?terimakasih

    ——————————————————————————————————————* * *————————————————————————————————————————————–
    Terimakasih sebelumnya mb Erlaniyati…
    tapi maaf saya bukan dr background medis, saya cuma bisa kasih saran, saya juga sering jatuh dan sudah belasan kali. Kepala saya jadi aneh. Sering sekali sakit kepala, kena AC sdkit jd pusing, kena panas matahari sedikit jd pusing, pakai helm agk lama jd pusing, pokoknya aneh… kata dokter memang otak bagian keseimabngan saya sdikit bermasalah, jd kemungkinan besar akn jatuh klo naik kendaraan roda dua, tapi semenjak konsum N.R.G Instant Tea, alhamdulillah…. keluhan sakit kepala teratasi, saat naik motor pun jd lebih berkonsentrasi, bagi saya itu kemajuan yang LUAR BIASA… coba adik mbak Erlaniyati mencoba mengkonsumsi N.R.G Instant Tea tersebut, bisa dicek info detailnya di http://nutrisicantik.blogspot.com/2011/08/nrg-instant-tea.html.

    Semoga bermanfaat :)

    Balas

  50. mps permata
    Agu 23, 2011 @ 08:50:34

    kepalaku sering pusing kalau belum gajian…

    ——————————–* * * ——————————–
    ahahah… sama dunk ;)

    Balas

  51. Gede
    Agu 23, 2011 @ 17:03:36

    Dok, kemarin kepalaq yg bagian depan (di kening) kebentur pintu gerbang..
    Kebenturnya lumayan dok sampai benjol yg ukurannya lumayan juga..
    Sampai hari ini benjolannya sudah hilang dok, tapi memarnya masih dok (walau ukuran memarnya kecil), dan kalau memarnya dipegang terasa sakit dok..

    Kira2 itu dengan memar kecil dan kalau dipegang terasa sakit itu kedepannya berbahaya ga dok? Terus apa yg harus saya lakukan dok? Saya takut dok..

    Terima kasih dok..

    ————————————–* * *——————————————-
    sudah kesekian kalinya saya dipanggil “dok” -__-
    maaf gan, saya bukan dr background medis, saya tidak begitu tau, tapi say pernah baca di artikel kalo nggak semua benturan berakibat berbahaya. Akibat yang paling ringan adalah benjol itu. Insyaallah nggak apa2, tunggu aja sampai 3 hari-an, kalo memarnya masih belum sembuh periksakan saja ke dokter :) :)

    Balas

  52. HadIp
    Agu 24, 2011 @ 13:41:56

    Makasih banyak untuk infonya,, :)

    ———————————————-* * *————————————————————–
    yup, semoga bermanfaat :)

    Balas

  53. Yana
    Agu 27, 2011 @ 05:26:04

    Waktu sy kecil kl lg ngambek sering kali benturan kpl ke tembok, aku ga muntah ataupun panas, cuma agak pusing aja pas abis terbentur, masalahnya setelah kurang lebih 2 tahun, kalo capek/ masuk angin kepalaku sering pusing, apa mungkin ada pengaruh waktu terbentur itu ya?
    ——————* * * ———————————————
    sangat mungkin berpengaruh. Kepala ini bagian paling rentan dan penting dari tubuh kita, itulah mengapa Allah menciptakan tengkorak yang kokoh untuk melindunginya. Tapi saya punya solusi yaitu dengan mengkonsumsi Nutrisi dari Herbalife yaitu Shake, NRG Tea dan Herbalifeline.
    Fungsi Shake adalah untuk menutrisi tubuh kita sehingga tubuh mempunyai kekebalan tubuh, jadi tidak mudah terserang penyakit seperti masuk angin. Dulu sblm konsum Shake, saya suka sekali kerokan karna memang mudah masuk angin. Tapi sekarang, sudah jauh2 sama masuk angin hehe.
    Fungsi NRG tea dan Herbalifeline untuk Nutrisi Otak. Penting sekali untuk menutrisi sel2 otak karna dgn sel2 yang telah ternutrisi maka sel2 tersebut dpt menyembuhkan diri sendiri. Saya dulu juga sering bgt pusing, dan rasanya pun parah (sangking sakitnya). Tapi alhamdulillah, pusingnya sdh jarang sekali kambuh dan stamina lebih ok, jadi aktivitas lebih optimal. Snagat membantu saya.

    Info lebih lanjut sudah saya kirim email, terimakasih sdh mampir di blog saya :D

    Balas

  54. Metha
    Sep 11, 2011 @ 00:48:32

    Hmm.. Saya punya cow,,
    dy pernah kecelakaan, yg mengakibatkn dy koma selama sminggu, dan wkt koma itu dy sempat muntah darah tak sdarkn diri. . . Kt dokter tulang kepala sblh kiri na retak dan menyebabkn menyempitna pembuluh drah, setelah berobat beberapa bln kt dokter uda agak membaik, dan dsuruh dtg kembali 5 bln sekali, tpi krna cow saya ini ngerasa uda membaik dy gk dtg2 lg, tp klw sya tanya apa msi ada yg sakit dy cm blg klw kepalana di garuk masi terasa sakit.. Dan pusing . . Bagaimana itu ya dok? Bs fatalkah?

    Balas

  55. meli
    Sep 18, 2011 @ 08:05:34

    dok, minta saran…., ibu saya 6 bulan lalu habis jatuh dan mengalami benturan di kepalanya…., dia muntah-muntah dan kesadarannya menurun, tetapi alhamdulillah sekarang dia sudah kembali seperti biasa…., tetapi kadang-kadan masih merasakan pusing , dan kemarin ia kebali muntah-muntah lagi…, pertanyaan saya.., apakah ada kkemungkinan seseorang mengalami pendarahan otak (pendarahan dalam) tapi selama ini dia kelihatannya baik-bbaik saja?? dan mohon sarannya obat apa yang sebaiknya dikonsumsi…. terimakasih dok sebelumnya :)

    Balas

  56. anisa putry
    Sep 26, 2011 @ 06:42:05

    aku pernah kebentur kepala’nya,,,,
    akhir’nya kepala ku berdarah dan aku menjadi pusing….
    Aku akan selalu berdo’a kepada ALLAH SWT, semoga tidak terjadi apa di kepala ku….
    AMIEENNNN….

    Balas

  57. Riyanty
    Sep 29, 2011 @ 09:01:49

    kalau saat kcelakaan pingsan,,trus wktu sadar lgsung muntah dan mata trjadi pndarahan itu gmna ya????

    Balas

  58. Iren
    Sep 30, 2011 @ 03:42:43

    Ass docter,, aku mau tanya dok : ada teman aku kena jatuhan kayu balok di kepalana, setelah kejadian itu beliau suka sakit kepala dan keluar darah dari mata dan juga hidungnya, sdh hampir 2 minggu sakit kepala, untuk yg keluar darah sdh 5 hari berturut2, smpe sempat pingsan, itu gimana dok?apakah gejala itu bs pake obat herbal aja atau harus dironsen atau harus operasi?apakah bs jd geger otak gt dok?terima kasih sebelumnya

    Balas

  59. ritha
    Okt 08, 2011 @ 07:46:05

    dok saya pernah kecelakaan tpatnya 2 tahun lalu,, tpe mengapa sampai sekarang saya masih sring mrsakan pusing? apa obatnya..

    Balas

  60. human
    Okt 16, 2011 @ 12:47:02

    temenku g sngaja jatoh n blakang kpalae kbentur ujung meja.. trus kepalanya bdarah + mimisan.. kluar darah dr telinga..

    Balas

  61. human
    Okt 16, 2011 @ 12:47:37

    temenku g sngaja jatoh n blakang kpalae kbentur ujung meja.. trus kepalanya bdarah + mimisan.. kluar darah dr telinga..
    hrs gimana? (maaf klo bahasa tidak sopan)

    Balas

  62. kokoh_ahong
    Okt 20, 2011 @ 03:44:32

    numpang nanya mas – ane td mlm pas main futsal tergelincir dan kepala bagian belakang ane membentur lapangan,setelah ane liat2 ternyata ada bengkak dan sedikit berdarah,tolong penjelasan nya mas serta obat2 utk menyembuhkannya

    Balas

  63. Elimariani Siahaan
    Okt 23, 2011 @ 11:29:13

    saya mohon dan minta tolong kepada bapak atau ibu,tolong kasih tahu informasi cara pengobatan secara herbal atau alami

    Balas

  64. vivi
    Okt 31, 2011 @ 04:28:33

    Aq dulu pernah kecelakaan sekitar 3 thn yang lalu.delu sampe pendarahan n pembengkakan otak….tiba2 tulang belakang kepalaku sebalah kanan lebih besar dari sebelah kiri..Aq juga sering migrain sakitnya di sebelah kanan…gimana y

    Balas

    • Iqbal
      Sep 05, 2012 @ 08:57:32

      Dalam sebuah insiden th 2007, saya mengalami cidera kepala sebelah kanan atas, terkena beturan stik softball .. Saat ini saya tidak mengalami kehilangan kesadaran , tapi lengan kiri bergerak sendiri (kehilangan kontrol).
      Karena pertimbangan tertentu, saya tidak berobat atau melakukan chek medis, sampai akhirnya kepala yg bengkak sebelah saya berangsur angsur pulih, namun dikepala saya ada cekungan ditempat bekas benturan sebesar bola tenis yang saya kira itu tulang tengkorak saya yang remuk (retak) .
      Sampai saat ini saya belum merasakan gejala atau kelainan yang mencolok berkaitan dengan hal tersebut .
      Saya ingin memeriksakan kedokter, cuma saya kuatir hasil yang bakal saya terima nanti malah jadi fikiran saya .

      Balas

  65. haposan
    Nov 05, 2011 @ 05:12:02

    4 bulan yang lewat saya kecelakaan kebentur kepala,pingsan sktar 20 mnt,tapi gak sempat muntah,opname juga sampe 6 hari,yang mau saya tanyakan:kenapa sampe sekarang saya sering pusing ampir tiap hari,susah tidur ampir tiap malam,sering mimpi,mata saya sering kabur apalagi kok cuaca mendung…….apa kira2 sulusinya ya?????apa krna kecelakaan yang 4 bulan yang lalu ya……????

    Balas

  66. Linda
    Nov 09, 2011 @ 01:23:18

    kmarin tmanku kcelakaan motor,trus kluar darah bnyak bnget dari mlut,hidung dan telinga plus gak sadarkan diri. bahaya gak yah??

    Balas

  67. Ika Cipet
    Nov 19, 2011 @ 04:53:56

    Bol bol

    Balas

  68. Mahfud
    Nov 22, 2011 @ 05:55:31

    Dok, kemarin adik saya kecelakaan, awalnya sadar, tapi kemudian pusing lalu pingsan.
    Waktu sadar, matanya ga bisa buka, semalam sudah dirujuk di rumah sakit di semarang, tapi sampai siang ini belum ada penanganan, kata pihak rumah sakit kamarnya penuh.
    Sekarang kondisinya lbh mengkhawatirkan, mulai mengigau..
    Dokter bisa kasih saran, sebaiknya dibawa di rumah sakit mana, dan bagaimana penanganannnya.
    Terima kasih..
    Balas ke email saja

    Balas

  69. ilda isna wardani
    Nov 23, 2011 @ 06:00:49

    dok, kemaren saya terbentur dinding cukup keras, alhasil kepala saya jadi pussing banget. Tapi tidak mengalami muntah2 atau yg lain.
    Smpe sekarang pusing2nya masih kerasa banget..

    Itu bagaimana dok?

    Balas

  70. tuti winarti
    Des 05, 2011 @ 04:57:07

    dok saya mau tanya,,,,
    pacar saya pernah kecelakaan dan kepalanya kena benturan,,,tapi tidak mengalami pendarahan hanya saja bengkak di bagian pelipis sebelah kanan… semenjak kecelakaan itu dia sering mengalami pusing-pusing dan kadang mual apalagi kalau bangun tidur pasti ngerasa pusing….apa itu tanda-tanda geger otak atau kena syaraf yang bisa mengakibatkan fatal? cara penyembuhannya gimana? tolong ya infonya,,,, terimakasih….

    Balas

  71. fitria sari
    Des 10, 2011 @ 02:01:54

    beberapa hari yang lalu saya mengalami kecelakaan sepeda motor. kepala bagian wajah sebelah kanan terbentur aspal, saat itu saya selalu sadar dan tidak ada muntah. diperiksa ke dokter klinik 24 jam dan disuruh pulang. tapi sampai sekarang bengkak di wajah belum juga susut, apa ya obatnya?
    ================================= @ @ @ ==============================
    Sebelumnya saya minta maaf karna baru bisa balas dan terimakasih krn mbak Fitria sudah meluangkan waktu untuk mampir di blog saya
    Saya pernah mengalami bengkak dan yang saya lakukan adalah membaca al-fatihah 7X lalu ditiup pada kedua telapak tangan lalu diusapkan pada bagian yang bengkak (saat itu kaki saya bengkak karna kecelakaan),dan alhamdulillah cepat pulih,
    Untuk usaha luarnya, coba diberi Herbal Aloe, bisa dioleskan atau diminum. Karna yang saya tau bengkak itu terjadi karna tekanan pada bagian tubuh dan mengakibatkan pembekuan darah sehingga terjadi bengkak. Dengan minum Herbal Aloe, reaksinya akan lebih cepat. Untuk info Herbal Aloe bisa dilihat di http://nutrisicantik.blogspot.com/2011/08/herbal-aloe-concentrate.html, atau lihat di website resmi Herbalife http://www.Herbalife.com, atau untuk pemesanan hub: 083866822725 (vivi)

    Semoga info ini bermanfaat untuk mbak Fitria :D

    Balas

  72. kiky
    Jan 01, 2012 @ 12:00:23

    to the point.
    saya baca tentang keterangan diatas. 2x dan terjadi benturan keras pada kepala saya,akibatnya saya sekarang sering lupa meski tidak terjadi luka,namun usaha apapun untuk mengbatinya tetap saja saya masih pelupa. dan baru seminggu ini saya kecelakaan lagi dengan ibu saya. tapi,ibu saya yang terluka helm lepas dan sampai akhirnya ibu saya gegar otak,meski ibu saya sudah dirawat namun perawatannya kurang memuaskan akibat hanya memakai JAMKESMAS.YANG ingin saya tanyakan adalah
    1. obat apakah yang baik untuk memulihkan agar saya tidak pelupa lagi, saya sangat terganggu dengan pelupa saya ini.
    2. obat apakah yang baik untuk gegar otak…meringankan,menyembuhkan/memulihkan.
    saya berharap sekali atas resepnya.
    terima kasih atas balasan.

    Balas

  73. Hardiana Mutmainnah
    Jan 05, 2012 @ 12:00:56

    6 bulan yang lalu bapak saya kecelakaan, kata dokternya ada cairan di otak yang menutupi hampir seluruh otaknya, trus dilakukan operasi dengan pemasangan selang dari otak ke lambung,,, tapi setelah operasi keadaanya masih sama (tidak sadar), 2 bulan di rawat d RS, tanpa perubahan akhirnya kami bawa pulang, setelah di rumah ada kerabat bapak yang bawain ankung, sebulan kemudian terlihat peubahannya sudah mulai sadar dan bisa berbicara, namun beberapa minggu yang lalu bapak saya demam sekitar 2 minggu, keadaanya sekarang seperti di RS dulu (tidak sadar),,, kalo saya kasih ankung lagi berbahaya gag??? atau apa pengobatan yang tepat untuk bapak saya??? makasih,,,

    Balas

  74. aiiny noerpertiwy
    Jan 13, 2012 @ 04:17:48

    semalam saya kebentur tembok lumayan aga keras ,,
    saya takut terjadi apa-apa ..
    awalnya tidak pusing namun lamakelamaan saya pusing ..
    tapi saya merasakan mual namun tidak sering ..

    apakah akan berakibat patal ?

    Balas

  75. michelle
    Jan 20, 2012 @ 02:51:39

    dok say perna jatuh di kmar mandi,kpala sy trbentur ckup keras ,yg sya rsakan cuma pusing.apa it hrus d priksa?trimakasih

    Balas

  76. siti rondiyah
    Feb 07, 2012 @ 22:10:37

    maaf sis,,,mau tanya,udah 3 hari yg lalu kepala saya terbentur pintu yg terbuat dari etalase pas ujungnya yg runcing,kok skrng kepala saya pusing sebelah,apa lagi habis jongkok kepala berasa muter2,trima ksh ats jawabanya

    Balas

  77. andri
    Feb 10, 2012 @ 02:49:05

    hallo salam kenal semua aku andri.aku amu tanya nih sama temen temen smw.temen deket aku sebulan yg lalu jatuh dari tangga.akhir2 ni dya suka pusing bgt katanya.pusingnya kalo dia tegang.ato kwati gtu.sakit bgt katanya.minta petunjuknya ya tmn2.thank> bisa ke email aq di andri.wales@yahoo.com

    Balas

  78. andri
    Feb 10, 2012 @ 03:20:18

    hallo teman2 aq andri salam kenal ya semuanya.kejadiaanya kurang lebil sebulan lalu.temen deket aq jatuh dr tangga,sekarang dia suka pusing,dan katanya pusing banget sampai pingsan,hal itu sering terjadi.kalo lagi nerfes ato dia lagi kwatir pasti pusing itu dateng dan sampe pingsan.
    kata dokter ga serius tp aq kwatiiir bgt!!!! trs kata dokter kalo obatnya dimunum trs jg sembuh.
    temen2 minta solusinya yah.ke andri.walens@yahoo.com .makasihh

    Balas

  79. Andre
    Feb 10, 2012 @ 18:14:47

    Saya pernah mengalami kecelakaan motor. Untungnya saya berpakaian safety riding. Waktu kecelakaan helm motor saya pun sampai pecah parah pada bagian belakang,dan tidak dapat digunakan lagi. Menurut rekan, Saya sempat tidak sadarkan diri selama 12 jam. Setelah itu saya melakukan ct scan, dan diketahui tengkorak kepala saya mengalami retak 7 bagian. Saya jg sempat tidak ingat akan lingkungan saya. Kok sekarang bagian kepala belakang masih suka berasa sakit ya? Apa mungkin efek dulu? Dan berasa sakit jg hingga tulang belakang dan tulang dada. Apa itu jg efek samping benturan? Mohon penjelasannya!

    Balas

  80. arissa fajar
    Feb 18, 2012 @ 04:20:52

    aduwh..q juga korban gegar otak ringan lh,,
    padahl dah 4 tahun berlalu,, tp daya ingat q kok bsa berkurang ya,,,
    truss kok mash sering pusing2 ya….

    pertnyaan nya apa mngkin gegar otak itu mash ada,padahal sudah 4 tahun???

    Balas

  81. bagus rifai
    Feb 28, 2012 @ 12:23:19

    mbk vivi aku pnya om. dia jath dari pohon dan udah hmpir 2 hr tdk sadarkn diri. udh di scan dkter mengtakn pendarahn di otak. aku mohon mbk vivi memberikan obat tradisional atau obt herbal apa yg cocok untk pendrhn di otak?
    trimksh.

    Balas

  82. agoes
    Mar 13, 2012 @ 15:04:25

    3 minggu yg lalu ponakan saya jatuh naik sepeda kepalanya kebentur aspal udah periksa kedokter sih tp belakangan ini kepalanya sering pusing.

    Balas

  83. ryan
    Mar 15, 2012 @ 01:55:56

    Dok, anak saya minggu jatuh dari kasur. Umur baru 13 bulan. Habis jatuh langsung nangis kencang. Lalu diusap2 kepalanya. Jatuhnya kena kepala bagian kanan. Selama 2 hari ga ada gejala apa2. Hari ke 3 kepala anak saya yg bekas terbentur terasa lembek. Saya khawatir kenapa2 sama anak saya, dan hari ini mau dibawa ke dokter. N di mau di ct scan. ternyata anak saya belum bisa di lakukan CT scan karena ga bisa diem. Mohon info nya kepalanya jadi lembek gara2 apa yah? apakah bisa hilang sendiri? anak saya selama 4 hari ini tidak menunjukan gejala cedera otak seperti muntah-muntah dan lemas, nafsu makan masih sama seperti sebelumnya dan tetap aktif sampai sekarang. mohon info nya yah, kenapa bisa jadi lembek begitu

    Balas

  84. Yosep Tetelepta
    Mar 16, 2012 @ 12:46:28

    Salam kenal
    dokter thanx untk infonya. Sama mau nanya, dulu tahun 2003 saya mengalami kecelakaan. Saya banyak keluarkan darah dari mulut akibat benturan dan dimasukan ke RSU dan karena kasih karunia saya diselamatkan. Apakah benturan itu bisa mempengaruhi untuk hari2 yang akan datng/hari tua. Gmana jalan keluarnya atau pencegahanya. Mohon bantuannya. Makasih

    Balas

  85. D2w
    Mar 22, 2012 @ 06:03:43

    ne bisa juga untuk konsultasi g?

    Balas

  86. Ica
    Mar 26, 2012 @ 03:28:00

    Hy. . .
    Minta saranx dunkz. .
    4 thun lalu q pernah kcelakaan mtr kpalaq trbntur d aspal tp gk zmpai kelwr drah. . .
    Awal kjdyanx aq zmpt pingsan, dan ztlahx ithu q zring mrazakan zkt kpala yg dhsyat bhkan bz zmpai pgzan,
    q bl0m pernah periksa k d0kter,
    krna q fkir ini hx zkt kpala biasa,
    tp akhr2 ini zkt ithu zrg muncul
    obt apa yg bza q k0mzumsi.
    N tlg krim zaranx d email q ych . .
    Mkzch ^_^

    Balas

  87. Anas
    Mar 26, 2012 @ 10:23:03

    Saya pernah mengalami benturan di kepala keluhan saya yaitu saya merasa sangat pusing dan mata terasa kunang-kunang,
    Pertanyaan saya, bagaiman cara mengatasinya dan apakah akan berdampak penyakit yang berbahaya??
    Terima kasih

    Balas

  88. Pangeran Angga Kusuma
    Mar 26, 2012 @ 11:14:16

    Salam kenal,
    All semuanya dan Pak admin blog ini. sayan mau curhat sedikit dan minta petunjuk semuanya yang sudah memiliki pengalaman tentang gegar otak. kejadiannya hari kamis malam minggu lalu pacar saya (perempuan) mengalami kecelakaan lalu lintas, ketika pulang naik ojek, ada yang nabrak dari belakang dan orang yang nabraknya langsung kabur begitu saja. seketika pacar saya di bawa ke rumah sakit Islam bogor. setelah dilakukan scanning, kata dokter pacar saya mengalami pendarahan di otak dan musti dilakukan operasi. saya sedih banget padahal bentar lagi kita mau menikah :’( :’( pada hari pertama, pcar saya berada di ruangan kelas 1, tetapi karena keterbatasan biaya. dipindahkan ke kelas satu. SATU HAL YANG SAYA SANGAT KECEWA DENGAN SUSTER DI RUANGAN ARAFAH ADALAH.. KETIKA SUSTER DATANG DAN PACAR SAYA BILANG “SUSTER… KEPALA SAYA SAKIT BANGETT” DENGAN ENAKNYA SUSTER BREN**SEK ITU BILANG SAMBIL NYENGIR YAAHH,, NENG… NAMANYA JUGA KELAS 3!” ASTAGFIRULLAHALADZIIMMM,, APA ITU JAWABAN YANG PANTAS DARI SEORANG SUSTER!! BUKANNYA MEMBERIKAN HARAPAN UNTUK KESEMBUHAN PACAR SAYA, MALAH MEMBUAH PACAR SAYA MERINTIH SEDIH DAN TAMBAH DOWN! memangnya kalo di kelas 1 tidak sakit apa?! padahal kan meskipun di kelas 3, obat rutin selalu diberikan oleh dokter dan selalu kita urus administrasinya. satu lagi, waktu pacar saya berada di kelas 1 sebelumnya, karena di telinganya terus mengeluarkan darah, susternya menyumpal telinga pacar saya agar darahnya tidak keluar dan alhasil ketika dokter sedang memeriksanya ternyata alhasil susternya kena marah dokter yang menangani pacar saya karena hal itu tindakan yang sangat berbahaya dan bisa menambah parah dan mengakibatkan menyumbatan di otak!. menurut saya itu adalah tindakan seorang suster kelas 1 yang gegabah dan tidak profesional!. tetapi saya percaya dokter yang menangani pacar saya adalah dokter bedah ahli yang sudah berpengalaman dan dokter itu juga bukan dokter tetap di RS Islam Bogor, melainkan dokter tamu. kata suster yang jaga bagian shift malam (suster ini sangat berbeda menurut saya, karena cukup ramah dan bersahabat) dan saya sempat mengobrol sharing2,, dokter yang menangani pcar saya tinggal di jakarta dan dokter tamu di RS itu. nama dokternya saya lupa, tapi akan saya update nama dokternya kalo bisa. beliau dokter yang tegas menurut saya. setelah keluarga pacar saya berembuk untuk melakukan operasi yang harus memakan biaya kurang lebih 30 juta. akhirnya KEMARIN, HARI MINGGU TANGGAL 25 MARET 2012 PUKUL 10.30 WIB pacar saya melakukan operasi. dan malam dadi baru bisa sadar dan membuka mata. setelah masca operasi. sekarang kepalanya masih sakit, tapi sudah tidak muntah2 lagi dan sudah bisa makan bubur. SAYA MOHON DOANYA DENGAN SANGAT UNTUK SEMUANYA YANG MEMBACA KOMENTAR SAYA INI UNTUK IKUT MENDOAKAN calon istri untuk kesembuhannya. mudah2an setelah pasca opersi tidak terjadi apa2 dan tidak ada efek gangguan pada otaknya. sebentar lagi kita akan menikah, dan apapun yang terjadi dengan calon istri saya. saya akan selalu mencintai dan menyayanginya.. Amiinn…

    Balas

  89. indira
    Apr 02, 2012 @ 12:31:05

    saya pusiiiiiiiiiing setiap hariiiiiiiii mikirin pR byk bgt !!!
    he3 kidding aja
    tpi makasih atas info.a dok !!!
    ……………………………………………………..
    …………………………………………………………………………
    …………………………………………………………………………

    Balas

  90. Nuranna
    Apr 05, 2012 @ 17:15:29

    kemarin kepalaku kebentur lantai waktu roll depan, gara2nya aku ambil start kejauhan dari matras..
    terus sekarang kepalaku biasa aja, cuma kadang2 pusing terus bagian yang kebentur sekarang kalau diteken masih kerasa sakitnya…
    menurutmu apa yang musti aku lakuin?

    Balas

  91. Evi.P
    Apr 12, 2012 @ 11:08:55

    pada tanggal 13 Februari lalu kaka saya jatuh dan kepalanya mengalami benturan yang cukup keras sehingga tak sadarkan diri, dokter menyarankan untuk operasi karena tempurung kepala yang menempel pada otak besar mengalami keretakan dan otak besarnya juga megalami gangguan, saat ini untuk mengurangi sakit kepala dan pusing dokter memberi obat dan sudah dilaser ditengkortak kepalanya, karena keberhasilan operasi menurut dokter hanya 30 % dan untuk kembali normal kemungkinan kecil bahkan berakibat kematian, syaraf motoriknya juga sudah mengalami kerusakan, kami sekeluarga sangat menginginkan kesembuhan kaka saya, tetapi tidak tau alternatif apa yang terbaik untuk kesembuhan kaka saya tersebut…trimakasih infonya.

    Balas

  92. Shasy
    Apr 13, 2012 @ 14:21:46

    Saya pernah tuh pingsan di kamar mandi, kepala saya terbentur keras ke lantai. Sampai sekarang masih benjol dan bila ditekan sangat sakit. Setelah membaca di atsa, saya jadi takut. Pa saya bs gegar otak?

    Balas

  93. Ranie
    Apr 23, 2012 @ 05:11:19

    Aku mau tanya sekitar 2 minggu yg lalu kepalaku sbelah kiri dipukul teman,2hr kmudian kplaku sakit smpai aku gak bs bangun bhkan gk bs buka mata tp gak muntah cm mataku sebelah kiri jd terasa berat walaupn dlm keadaan gak ngantuk.Aku periksa ke dokter,dia blg msh gak apa2 slama gak muntah,gitu.Tp kalo udah kambuh sakit kepalaku yg sbelah kiri gak tahan sakitnya ! Jd aku harus gmna ya ??…

    Balas

  94. imha
    Apr 27, 2012 @ 16:04:51

    biasanya saya suka pusing, sdikit2 jdi lupa apa yg mau saya kerjakan, lupa menaruh barang pdhal baru sbntr saya tinggalkan, kadang jadi bingung kayak orang bodoh. itu knpa ya?

    Balas

  95. Angga Fauzy Izzy
    Apr 29, 2012 @ 12:14:36

    aku pernah jatoh waktu balapan kpala aku kebentur ke aspal n aku g pake helem 1 hari aku ga sadr v aku gak muntah” cuman benjol doang v kesinih ” kdang bkas bnturan itu suka terasa sakit apa itu gegar otak ?

    Balas

  96. upik
    Mei 12, 2012 @ 12:12:13

    mau tanya nie… tadi siang kan kepala qw kebentur aspal… tapi sampai malem belum mendingan… bahkan kepala qw juga benjol… itu gimana..??? bisa sembuh kan..???
    thnk’s

    Balas

  97. yahya surya
    Mei 20, 2012 @ 08:48:22

    dok,beberapa hari yang lalu pacar saya di aniaya oleh orangtuanya. seluruh badan dia di pukul dengan pegangan sapu, ditendang, kepala bagian belakangnya di benturkan ke dinding dan lantai, lalu di pukul dengan rotan kepalanya. saya gak tega mendengarnya. setelah kejadian itu dia suka ngomong gak nyambung,suka ngomong sendiri. apa yang harus saya lakukan? saya tak ingin melihat dia seperti itu terus. kira2 dia mengidap penyakit apa ya dok?

    Balas

  98. ncuz
    Mei 21, 2012 @ 05:52:04

    dok klo mau priksa kepala karena benturan itu sebaiknya pada dokter apa y??

    Balas

  99. jamaludin djumati
    Mei 23, 2012 @ 23:41:50

    Untuk geger otaK yg berat disarankan operasi. Tapi pasien belum sadar dari pingsan, apakah bisa d operasi?

    Balas

  100. Andy
    Mei 25, 2012 @ 03:31:44

    Salam

    Saya memiliki saudara yg mengalamai gegar otak ringan (kata dokter), pernah ia seperti org yg mengalami gangguan jiwa (cara bicaranya) dan kelupaan. Selang berapa hari ia seperti orang normal namun masih banyak hal yg ia tidak ingat.
    setelah beberapa minggu cara bicaranya seperti anak kecil (blm smp spt yg pertama, masih biasa wlpn beda dg kondisi normalnya). Yang ingin saya bagaimana menyembuhkan gegar otak ringan (memang saat ini dia harus minum obat dr resep dokter),? adakah cara lain selain obat tersebut untuk membantunya pulih dalam keadaan normal kembali, terutama dalam cara berfikir (tdk spt anak kecil). terima kasih atas bantuannya

    wassalam

    Balas

  101. ryan wangsa
    Jun 03, 2012 @ 04:16:21

    aku pernah kebentur,, akibatnya benjol nih kepala. rasa nyeri sudah gk ada lagi. tapi benjolnya lama gak ilang2.. solusinya bagaimana itu ya om? apa perlu di operasi? jika dioperasi apa tidak memengaruhi otot wajah?
    terimakasih. saya tunggu balasannya.

    Balas

  102. nuki kristiana
    Jun 05, 2012 @ 15:54:54

    5thn yg lalu sya prnh keclkaan smpe kpla sya benjol dn sya sma sekli gk inget dmna dn kpan sya jatuh smpe skrg…yg sya tau bangun tidur dh dlam keadaan luka…sehbis keclakaan itu sya gag mengalami apa2 tp dh 3blan ini kpala sya benjolan dn sperti ada urat d kpala sya tpat d bekas benjolan sya dulu…rsa nya sakit smpe ke mta….apa kah ini berbhaya????tolong bntu sya ksih solusi nya

    Balas

  103. meme
    Jun 17, 2012 @ 23:01:48

    Saya pernah dianiaya,sampai kepala saya terbentur lantai. Saya sudah periksa ke dokter. Tapi sudah 2 bulan kok belum sembuh-sembuh ya????
    Tolong bantu kasih solusinya ya……

    Balas

  104. Faiz Mencoba Bersabar
    Jun 25, 2012 @ 05:20:58

    kalau aku pernah jatuh terus kepalaku lecet,,, gymana yaa

    Balas

  105. Andrea Rimbing
    Jun 27, 2012 @ 07:51:04

    misi mba,,
    kmren q pas main bola aq berbenturan kepala sama teman qu bagian alis kanan,,berdarah n sedikit robek bagian alis
    tpi ada diatas bagian robek itu seperti memerah,,kaya’y pendarahan dalam ya dok ? q juga gk tau,,tpi abis berbenturan itu kepala q sering pusing2 ringan,,solusinya gima dok ?

    blz ke email q ajj ya,,trim’s

    Balas

  106. yusuf
    Jun 30, 2012 @ 17:58:52

    barusan saya jatuh dari motor bersama ibu saya, ketika jatuh helm ibu saya terlepas dan terbentur jalanan, nah hasil CT scan nya kata dokter ad pendarahan di dalam tengkorak, dan gejalanya adalah mual dan ngomong nya mulai tidak jelas, sekarang ibu saya masuk HCU, tapi pertanyaan saya adalah apakah cuma di infus dan di kasih obat suntik bisa sembuh?
    apakah lebih baik dioperasi kecil?
    kira kira berapa biayanya kalo di operasi kecil untuk mengangkat darah beku di dalam tengkorak?
    dan apa efeknya bila itu terjadi?

    terima kasih.

    Balas

  107. Fina
    Jul 01, 2012 @ 11:22:14

    Dokter , saya pernah kecelakaan , kepala saya terbentur ke aspal .
    saya gak pernah periksa ke rumah sakit , karna saya takut di rawat .
    setelah setahun , pnglihatan saya semakin buram , kepala saya sering sakit di bagian belakang , kalau terkena cahaya matahari yg begitu panas , dan mikit hal yang berat , kepala saya langsung pusing dan mual .
    tolong kasih solusinya dokter :)

    Balas

  108. christian
    Jul 08, 2012 @ 03:32:25

    author yg terhormat, saya dulu waktu kecil pernah mengalami benturan kepala yg keras di kepala karena ditabrak anjing dari belakang… apakah ada efek permanen pada kesehatan n kecerdasan? saya suka sakit kepala dan bisa disembuhkan dengan minum obat, tp saya tidak ketergantungan dengan obat… pertanyaannya yah itu, apakah ada dampak permanen dari benturan keras di kepala?

    Balas

  109. linda
    Jul 13, 2012 @ 14:54:06

    jika sakit kepala yg mulai’a dari belakang tengkok belakang hingga ke mata ,,
    akibat benturan yg keras ,,
    ap itu disebut juga kanker otak ..
    tlg dijawab yah dok..

    Balas

  110. Silvia Ayu Mentari
    Jul 14, 2012 @ 09:30:21

    saya kemaren sempat pendarahan otak , dan bahkan saya sempat 2x operasi ..
    alhamdllah saya sehat – sehat saja, gak ada cacat ..
    dan kenapa d blok ini di prediksikan orang yg terkena’ gegar otak berat kemungkinan meninggal dan “kalau pun sembuh pasti bakalan cacat?”
    kalau saya boleh tau, cacatnya yang bagai mana ya?

    Balas

  111. Rianto
    Jul 15, 2012 @ 14:30:36

    Sallam,
    Aku jga pernah jatuh kepalaku terbentur jalanan aspal sampai pingsan waktu masih skolah SMK, dan sekarang kalo dibawa mikir suka sakit kepala sampai otot leher belakang jga sakit apa itu efek dari benturan kepala yg pernah terjadi? Bahaya tidak ya? Mau tanya dokter takut…
    Makasi

    Balas

  112. Achand
    Jul 16, 2012 @ 14:07:50

    dok.
    2 hari yg lalu q kena benturan keras di kepala…
    saat ini lum ada gejala2 untuk geger otak…
    hanya saja sering2 pusing n hingga sakit pada urat kedua telinga…q takut dok..terkadang teramat sakit…tolong sarannya dok…
    thankz

    Balas

  113. fedya
    Jul 22, 2012 @ 08:24:45

    Dok, teman saya yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan koma selama 3 hari, kata dokter ada pendarahan di otak kecilnya. setelah beberapa bulan dari kecelakaan itu sekarang kepalanya mulai tersa sakit dan pusing. tolong solusinya ya dok…..

    Balas

  114. Andromeda
    Agu 08, 2012 @ 08:24:49

    semalem ade sy terjadi hal demikian pas latihan sepeda,,,, dy sampe pingsan, sadar trus muntah2,,, skrg lg di RS di ct scan,,, kata dokter adapendaraqhan sdikit di otak,,,, dan harus segera di operasi,,, tp sy tidak percaya begitu saja dgn pernyataan dokter (maaf bukan mksd untuk tidak percaya dengan dokter, tp zaman skrg tau sndiri orang memanfaatkan segala sesuatu dan keadaan tidak pake pikir panjang) akhirnya di scan ulang,,,, tinggal nunggu hasilnya,,,,, hope evrthngs gonna b ok,,, aminn,,,, btw makasi buat sharenya ,,,

    Balas

  115. Hario Narotama
    Agu 08, 2012 @ 09:49:16

    Kening Sy terbentur sangat keras di batu & tepat di bagian runcing. Lgs hematoma( benjol). Tp stlh kempes koq kalau bekas benturan tsb dipegang, yg sakit kepala bagian ubun2. Apa kena syaraf kali ya……..Kr2 obat herbalnya apa ? Mgkn ada yg tahu. Tx

    Balas

  116. indah
    Agu 15, 2012 @ 04:29:45

    Saya pernah pingsan & kepala belakang kebentur lantai. Pas dicek kedokter ternyata saya terkena Tipes +4. Setelah tipes saya sembuh rasa pusing & keliyengannya masih ada. itu terasa kalo saya tidur miring kesebelah kiri.
    kira2 itu kenapa ya??

    Balas

  117. budiono
    Agu 19, 2012 @ 02:43:23

    dok, ayah saya terbentur di kepala depan bag kanan dekat pelipis
    setelah di CT Scan tdk ada pembuluh darah yang pecah
    tapi setelah keluar dr rumah sakit, sekarang kepala bag atasnya pusing
    bagaimana menurut dokter ?
    apakah pusingnya bisa hilang ???
    kira2 berapa lama pusingnya hilang ??
    trims

    Balas

  118. Gia maya sari
    Agu 24, 2012 @ 03:54:24

    Barusan kpla blkang q kebentur pintu mobil lumayan keras sih,,,,
    tp mo ke dokter malez soalnya ntr mlem aq krja tkut ga’ da wktu bwt tidur,,,,,
    gmn tu kak????
    Aq tkut ada apa2 di kepala q!!

    Balas

  119. sumiati
    Agu 24, 2012 @ 09:06:59

    assalammualaikum,,,, dok, 2hr yg lalu mamah saya jath dri mtor dg posisi terlentang shg kepala belakang.a trbntur ckup keras, kmudian tmbul benjolan, esok.a benjolan sudah mulai hilang bhkan tdak ada, tpi mamah sya mengeluh kepala.a pusing, stlah d periksa trnyta hasil.a alhmdulilla baik, tpi sya tetap mrasa sngat hawatir,,, yg ingn sya tnyakan, apakah kecelakaan trsebut akan menimbulkan suatu hal yg berbhaya ? lngkah apa yg hrus d lakukan untk mencegah hal2 yg tdak d ingnkan ?
    sngat d tnggu blasan.a,,,mhon bntuan.a ya
    sbelum.a sya ucpkan bnyk trmakasih,,,,
    wassalam

    Balas

  120. ajizah
    Agu 26, 2012 @ 02:38:58

    thanx

    Balas

  121. desi
    Sep 11, 2012 @ 11:54:45

    sya mau tanya dok,ibu saya terbentur tembok ,tiba2 ibu sya mrasa pusing yg tak trtahankan,shingga muntah2 hebat tnpa brhnti,dan skrg lg trbaring d.rmah sakit,apa yg harus sya lakukan,apa harus operasi.,dan apa yg akn trjadi klo tidak operasi,.trimz

    Balas

  122. muscles possible
    Sep 16, 2012 @ 10:56:00

    Hiya! Quick question that’s entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when browsing from my iphone 4. I’m trying to find a template or plugin that might
    be able to resolve this problem. If you have any recommendations, please share.
    Many thanks!

    Balas

  123. bardy
    Sep 20, 2012 @ 04:15:39

    kk aq pernah jatuh dan kepalaku terbentur saat itu kepalaku bengkak dan luka, tapi langsung diberseihkan sama dokter……
    setelah beberapa tahun bekas benturan itu sering sakit, kepala berdenyut dan kayak dibor sangat sakit….
    apa itu karna benturan itu ya atau ada penyakit lain…..

    Balas

  124. Nizar
    Okt 03, 2012 @ 11:03:22

    HELP!
    Hari jumat kemarin (5 hari lalu) kepala sy kena bola futsal, trus rasanya kepala sy cenatcenut kalo digerakin kencang, paling sakit di bagian belakang.. Itu gegar otak apa bukan? Sampe sekarang masih sakit.. HELP ME PLEASE~

    Balas

  125. Ryanti
    Okt 04, 2012 @ 16:08:04

    Aku bener2 trauma bgt, setelah kecelakaan motor mamah ku meninggal karena kena benturan di otak yg kencang sekali..
    Aku mau tanya dunk, mamah aku kena pendarahaan di otak, dan keluar darah dari hidung, kuping, mulut.. Klo cepet ditanganin akan selamet gak ya?

    Balas

  126. trisya
    Okt 05, 2012 @ 06:18:05

    ku prnh ditabrak motor ngebut pas kluar dr parkiran Mobil? smpat pingsan dan msuk rmh skt ,ada pndarahan di otak dan dioprasi craniotomy tp tempurung blm bs dipsg jd ditaro di atas kpla stlh slesai oprsy.dokter ngmg hrs oprsi .ke2 tp biar ga oprsi gpp ,dn hrs tunggu slma 3bln smbil lihat abis oprsi Pertama ,alhmd ..ga smpe 3bln,selang 1bln bis oprs 1,dah bs oprsi .ke2, cranioplasty …dan alhmd,skrg sya sdh bs enak dn aman tmprung sdh dtaro kmbali dn aman,,,,sya jrg mrsakan skt alhmd y allah,memberi berkah dihidupku,amin

    Balas

  127. Herman
    Okt 06, 2012 @ 04:39:34

    I blog frequently and I genuinely appreciate your information.
    This great article has really peaked my interest.
    I will book mark your site and keep checking for new information about once per week.
    I subscribed to your Feed too.

    Balas

  128. amalinda ksatriani (@alsaadatunnisa)
    Okt 08, 2012 @ 01:49:15

    kepala saya kemarin terbentur anak tangga di dekat ubun2, sekarang sakit nya di bagian kepal depan. solusi nya gmn ya

    Balas

  129. herastivitasurya
    Okt 16, 2012 @ 16:32:02

    Reblogged this on herastivitasurya and commented:
    Ketika lo hanya diberikan setengah memori pengingat lebih sedikit dibanding dengan teman-teman lo yang normal lainnya, always be grateful and keep writing!!

    Balas

  130. chantiiiieyyyyyyyy
    Nov 04, 2012 @ 03:24:04

    aku kemarin d’banting tmn q n kepala bgian belakang mnjdi benjolll ,kira” parah gk y ……………..???????????

    Balas

  131. ivan nur ibrahim
    Nov 06, 2012 @ 14:16:40

    kalo ada benjolan di kepala, trus di sekitar berjolan tersebut terdapat uban yang menyatu dengan rambut hitam,

    termasuk pendarahan dalam apa luar?
    makasih

    Balas

  132. michael jayavo
    Nov 10, 2012 @ 05:21:01

    Harus sangat berhati-hati sekali. Kalau sudah sampai terjadi pendarahan otak, bakalan gawat sekali!

    Balas

  133. ade beng”
    Nov 21, 2012 @ 10:43:18

    w prnh jth d kmr mndi n w kbntur tmbok kmr mndi kncng skli…..thus akhr” in w srg mnth psng d bgian kpla blkng … Ap w jga kna knker otk ea jd tkut w…

    Balas

  134. Yoga
    Des 09, 2012 @ 11:39:30

    dok.kalu terjadi cekungan di kepala akibat pukulan batu. bagaimana..tp saya tidak mengalami apa2.hanya nyilu2 sedikit,.berapa kira biaya untuk opersi itu..?? masih bisa kan saya menjadi normal..?? karena saa ingin menjadi polisi.. mohon di balas..

    Balas

  135. rullyyy
    Des 17, 2012 @ 12:11:11

    Dulu saya pernah kecelakaan mbl waktu kls 3 sma, kpl saya geger otak berat, saya pendarahan di otak, saya koma krg lebih 2 minggu, dulu saya mengalami gangguan keseimbangan, gak boleh olahraga berat2, mata saya sebelah jereng, dll. Saya melakukan perawatan di RSPP, total dirawat disana 33 hari. Setelah perawatan 1,5 tahun, saya sembuh total daan bisa ngelakuin aktifitas normal kyk org normal pd umumnya. Ada 1 jenis obat(tegretol) yg msh saya minum smpai skrg, dokter blg obat itu bisanya di stop secara pperlahan2, dosis saya udh paling rendah bgt yaitu minum setengah tablet per 2 hari sekali. Yg mau saya tanya, efek geger ottaknya bkl dateng lg gak sih suatu saat nanti? Walaupun saya udh sembuh total spt skrg. Kirim ke email aja, makasih

    Balas

  136. kila
    Jan 06, 2013 @ 13:31:56

    dulu kepala belakang saya pernah terbentur aspal waktu kecelakaan motor, tp cuma benjol, kata dokter sih gapapa cuma shock doang… tapi masih takut nihh sampe sekarang msh traumaa,yg saya rasakan saat ini ingatan saya menjadi kurang baik setelah kejadian itu, ada yg bisa merekomendasikan?? :)

    Balas

  137. yuda
    Jan 18, 2013 @ 14:45:36

    sy pernah mengalami ditabrak kendaraan, kesadaran sy sempat hilang 8 hari dan mengalami koma 4 hari, dihari kedelapan yg sy ingat sy telah dioperasi.

    Balas

  138. shinta
    Jan 31, 2013 @ 04:22:24

    Dok, anak saya minggu jatuh . Umur 4 th. Habis jatuh langsung nangis kencang. Lalu diusap2 kepalanya. Jatuhnya kena kepala bagian kiri. Selama 2 hari ga ada gejala apa2. Hari ke 3 kepala anak saya yg bekas terbentur terasa lembek. Saya khawatir kenapa2 sama anak saya, dan hari ini mau dibawa ke dokter. N di mau di ct scan. ternyata anak saya belum bisa di lakukan CT scan karena ga bisa diem. Mohon info nya kepalanya jadi lembek gara2 apa yah? apakah bisa hilang sendiri? anak saya selama 4 hari ini tidak menunjukan gejala cedera otak seperti muntah-muntah dan lemas, nafsu makan masih sama seperti sebelumnya dan tetap aktif sampai sekarang. mohon info nya yah, kenapa bisa jadi lembek begitu

    Balas

  139. Cynthia brsitanggang
    Feb 13, 2013 @ 06:28:32

    Aku pernah jatuh dri kreta trus kepala aku kebentur ke batu
    pas kebentur aku gk pingsan tpi kepala aku pusing
    dan skarang aku sering pusing,pening.
    Dan law aq duduk pas nonton tv
    tiba” aku berdiri
    kpala aku langsung pusing
    dan aku kayaknya gk sdar sndri bisa jlan.
    misalnya aku lagi jlan nie
    pas pning tiba-tiba aku jlan trus dah smpai kamar
    tpi aku gk sadar aku jalan smpai kamar.

    Balas

  140. willi caramoy
    Mar 16, 2013 @ 10:57:08

    kepala aku pernah terbentu r keras gara gara tersengat listrik ,kejadian itu udah lama, dari tahun 1999
    sekarang kepala ku dibagian belakang dan atas..terasa sakit rasa mau putus,,bawaannya tidur ….tolong solusinya yang akurat…terimak
    asih banyak..

    Balas

  141. hanum
    Mar 19, 2013 @ 04:10:57

    sya hbis jtuh kmren dri spda mtor pas d’bonceng tman sya, saat saya jatuh kpla blkng sya trbntur & kta tman sya saat trbntur bnyinya kras skli, akibatny kpla sya agk psing stlah kjdian tpi tdk mnimbulkn luka. dan skrng kpla sya pusing hnya kdang” sja. apkah hal i2 tdk pa”?

    Balas

  142. Yolanda
    Mar 22, 2013 @ 23:13:17

    Kemarin saya mengalami kecelakaan dan kepala saya terbentur, efek dr kecelakaan hanya pusing dan mual, tapi sehari setelah kecelakaan leher saya sakit dan susah untuk digerakan, lengan atas dan kakipun sakit, bagian dada dan perut juga sakit. Guru2 dan teman disekolah saya menyarankan untuk melakukan CTscan tp apa perlu saya melakukan CTscan? Karna saya hanya merasa pusing dan mual saja *walau kadang2 merasa nyeri* Tolong beri saya saran.. 22 hari lagi saya Ujian Nasional, saya bingung harus apa? Tolong sarannya!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas

  143. miumiu 店舗
    Mar 26, 2013 @ 12:45:11

    I can honestly tell you it could even be better than the real thing.
    You need not to be worry, though all Miu Miu fashions are styled
    to be great of the line stylish, with its shapes and qualities that adding eye enticing depth.

    Balas

  144. ALea Viichaa VanThengo
    Mar 27, 2013 @ 11:10:10

    adik saya 13 th pernah jatuh setelah beberapa bulan baru demam, pusing & muntah setelah melakukan scan ternyata ada sedikit retak dikepala dan ada cairan dikelenjar otaknya. dia tidak bisa bicara.sekarang masih dirawat di RS antonius pontiank..bagaimana solusinya dok?
    mohon doa nya juga untuk kesembuhan adik saya.terimakasih

    Balas

  145. wati
    Apr 01, 2013 @ 02:27:57

    ak mau nanya 2 hari yang lalu kepala kena benturan sekarang penglihatanku agak berkurang dan lidah terasa pahit mau periksa bingung kira2 bisa gejala yang parah ga yah buat otak,trims

    Balas

  146. putra afriz
    Apr 01, 2013 @ 15:11:11

    dlu sy pernah kclakaan di tjg pinang dan ngalami koma slama 3 mingguan ,kt dkter yg ngerawat,sy di diagnosa geger otak krn ada pendarahan di kpla dan dua telinga serta di hidung sy mengeluarkan darah…dan dkter yg ngrwt sy mngjurkan utk mengkonSumsi pengbtan ala cina/herbal….n sy pakai lah bio spray…puji syukur dch smpai saat ini sy tlah normal kmbli>>>coba dch gan bg kmu2 yg hbs nglami benturan di keplanya pakai bio spray aja

    Balas

  147. depta
    Apr 03, 2013 @ 03:39:22

    pagi ,, saya mau tanya ,,
    3 hr yg lalu adk saya kclakaan , kpalanya d jahit ,, setlah ct scan kt na ada tengkorg kpalanya yg patah , jd bngkok d dlm , dan bengkokannya itu kena ke otak ,, tp smpai saat ini adk saya ga merasakn pusing , muntah ato pun rasa skt d sekitar kpalanya , kecuali bekas jahitn nya saja , tp dokter bilang dy harus d operasi , saya dan keluarga jd bngung , apakah oprasi bnr2 harus d lakukn atau gmn ??? karna adk saya smpai saat ini tdk mrasakn sakit d bgian kpala nya , hanya skt krna jahitn itu saja ,, tlng d bls ya dok ,, thx

    Balas

  148. christmas pictures
    Apr 21, 2013 @ 22:57:10

    Thank you for another informative site. The place else could I am getting that kind of information written in such an ideal
    manner? I have a mission that I am just now working on, and I’ve been on the glance out for such information.

    Balas

  149. Adekelima
    Mei 13, 2013 @ 08:00:54

    kakak sy kena benturan di kepala atas karena lupq menutup pintu lemari pakaian7,stelah kebentur lansung sempoyongan dan bengak.selama seminggu kepalanya pusing,bekas benturan yg di kepalanya mulai kempis nah setelah 8 hari kuping sebelah kanan bengkak hinga mengeluarkan cairan sudah 4 dokter THT yg periksa tp hasilnya dinyatakan bakteri.apakah itu sebagian efek dari kebentur ya?

    Balas

  150. yati
    Mei 15, 2013 @ 09:33:50

    Mf dok mau tanya..dua bln yg lalu sy jatoh dri mtor lalu kepala bagian belakang sy kena benturan keras sampai benjol besar sampai muntah” darah stelah di CT scan memang sy hrus di operasi utk mengeluar kan cairan ato darah yg ada di benjolan trsebut dan menurut dokter yg brsangkutan dy mengeluar kan tulang sebesar kuku yg retak..dan klrg sy pun tdk menanyakan dgn detail apa pengaruh kalau tulang itu di ambil..sy cm mau tanya kalo apa effek samping dri pengeluaran tulang itu dan luka/darah mati yg mengeras di bejolan saya..????

    Balas

  151. dwi
    Jun 21, 2013 @ 14:47:34

    anak saya 10 blan jatuh kepala belakangnya kebentur, 2 hari kemudian demam , selama demam dksih obat parasetamol dan antibiotik, ketika belum minum antibiotik ada muntah sekali di hari ke 5 setelah kebentur, pada hari pertama minum antibiotik muntah 2 x, apakah muntah tersebut efek samping dari minum antibiotik atau kebentur? trmaksih

    Balas

  152. nurmi moeth
    Jun 22, 2013 @ 01:35:50

    4tahun lalu aku mgalami kclakaan mtor,aku divonis geger otak ringan,tpi kata dokter udah ga papa koq,tapi skarang koq kepalaku yg trbentur itu,bagian otak kecil membengkak,ini gejala apa yah ? Ga parah kan ?

    Balas

  153. Lionel Ali
    Jun 25, 2013 @ 07:09:10

    mw tanyak ne klo kepala bagian blakang kta d pkul pke helm dgn kuat trus muncul benjolan sba berakibat apa yah,,?

    Balas

    • ida
      Jul 24, 2013 @ 07:18:33

      bagian belakang kepala…erat kaitannya dengan batang otak. Bagian batang otak inilah yang paling beresiko, lebih baik periksa lebih dini,
      Lebih awal mengetahui kondisi tubuh, proses pengobatan pun akan lebih cepat.
      Jangan takut untuk memeriksakan diri.

      Balas

  154. han jung woo
    Jul 21, 2013 @ 12:19:01

    Hai salam kenal,kemarin anak saya jatuh dari lantai dua rumah saya,trus dia mngalami bocor dkepalax,dan setelah 3 hari saya baru tau klo ada benjolan sebelah kanan datas telinga,ahaya gak sih?
    Tapi selama 3 hari anak sya tdk mngalami kjang2,lemas,munta2,malah aktifitasx kembali seperti semula,sebelum dia terjatuh.dtunggu blasanx,mksih

    Balas

  155. ida
    Jul 24, 2013 @ 07:12:36

    just for share….
    kejadiannya sudah 1 tahun yg lalu, aq kecelakaan dan mengalami pendarahan di kepala..akhirnya terjdailah bedah syaraf…banyak sekali perubahan yang harus dirasakan…mulai dari perubahan emosi, mood, perilaku, cara dan kemampuan berpikir hingga semangat hidup.
    Belum lagi, efek setelah adanya benturan di kepala…aq sering merasakan vertigo berkepanjangan dan rasanya sangat melelahkan. Aq bisa merasakan vertigo selama 1 minggu penuh dan obat vertigo pun tidak berpengaruh.
    Biaya yang harus dikeluarkan pun sangat tinggi untuk pengobatan setelah operasi.
    Bila bicara kepala, sudah pasti sangat berkaitan erat dengan otak. Otaklah yang menyimpan semua sistem kinerja dalam tubuh. Sedikit saja kepala mengalami benturan, berhati-hatilah! Jangan menganggap remeh bagian kepala.
    Berdasarkan pengalaman, banyak usaha yang harus ditempuh untuk memperbaiki tubuh ini dan Alhamdullilah…hidup qu sudah jauh lebih baik, Cara nya dengan mengatur pola hidup dengan disiplin dan latihlah kerja otak dengan perlahan dan konsisten.

    Balas

  156. bambang riadi
    Sep 03, 2013 @ 13:56:52

    pencerahan nya
    mertua saya baru kecelakaan?jatuh dari motor,mengalami pendarahan di bagian kepala sebelah kanan”pertolongan pertama di bawa k rumah sakit DI MASUKIN UGD.setelah perawatan pasien di bawa pulang.
    info dokter kalo pasien di rumah muntah 4x dlm 24 jam,pasien harus di bawa kembali.
    jam 15;40 pasien sampai d rumah ,tiba2 muntah,kepala pusing
    jam 20;30 pasien muntah lagi kepala masih ada rasa pusing pencerahan bos

    Balas

  157. Dewi friska
    Sep 09, 2013 @ 23:51:41

    Dok,anak saya jatuh dari tangga kira 1/2 meter,kemuan kejang lalu saya kasih minum 3 menit kemudian muntah2, lalu sy bw ke IGD dan di st scan hasil nya, tidak ada keretakan maupun benjolan,kemuan anak sy d saran kan berpuasa selama 6 jan namun lewat 6 jam anak sy minum tp masih muntah juga,berbahayakan bagi anak sy d kemudian hari

    Balas

  158. susi
    Sep 10, 2013 @ 07:08:03

    Selamat Siang, Saya ingin tanya jika benturan terjadi di tulang ubun-ubun bagian kiri, itu dampak nya apa ya? benturannya tidak sampai berdarah hanya memar merah saja, apakah itu berbahaya untuk orang tua umur 50tahun keatas?

    Balas

  159. afnan
    Sep 21, 2013 @ 11:01:58

    sore dok,,maf mau tnya kakak sya skrang sering mual2 dan mau muntah trus matanya terasa senut2,,,,dulu dia blang pernah jatuh dibagian kepalasebelah kiri bagian tengah bebrapa thun yg lalu…..da hubungany gak dok tlong dtunggu bget konfirmasinya,,,,,thanks berat

    Balas

  160. nuri
    Okt 13, 2013 @ 16:18:59

    Kemaren ubun2ku kejedot diangkot kenceng…..td nya g pa2.Tp skrang aq pusing apa yg aq harus lakukannya.Perlukah CT scan?

    Balas

  161. Ida yuang poenya kembuaran
    Okt 18, 2013 @ 05:45:39

    Dok,saya jg pernah kebntur kepalanya.stelah itu ngrasain pusing.tpi selang sehari atau 2 hari.pusingnya hilang sndiri.bnturan itu trjadi udh bberapa bulan yg lalu.dan udh ada 3 hari ini saya ngrasain pusing yg amat luar biasa.tpi kmarin tensi darah,trnyata rendah.dan stelah normal,msih saja sya ngrasain pusing. Lalu sya priksa,kata dokter yg mmeriksa,saya kena pusing vertigo.tpi sya klo hbis makan suka mual2,gk smpe muntah sih.cuma yg sya mau tanyakan,apa harus ada penanganan khusus.krna saya smpe skarang msih kliyengan.trimaksih.

    Balas

  162. Ida yuang poenya kembuaran
    Okt 18, 2013 @ 05:57:35

    Tdi dh msuk blm ya komen atau balasan saya?

    Balas

  163. yuyu
    Nov 10, 2013 @ 20:02:01

    kalau pernah terjadi benturan, beberapa minggu setelahnya mimisan karna apa ya?

    Balas

  164. Damay Maiiyy
    Nov 12, 2013 @ 03:58:58

    Assalamua’alaikum…
    Dok saya pernah mengalami kecelakaan waktu umur 6 thun..dan waktu itu dokter saya mengatakan saya hampir gagar otak..dan di sarankan untuk operasi tpi aku ga tau utk apa..karna ga da biaya jadi tidak jadi operasi.aku di rawat hampir sebulan aku sering mengalmi muntah darah waktu itu dan setiap hari kepalaku teras sangat berat sekali.
    sekarang aku udah 19 tahun tapi terkadang masih sering mengalami sakit kepala yang hebat… apakah berbahaya untuk otak saya atau tidak dok ?? saya tunggu konfirmasinya.. terima kasih

    ========================================== * * * =========================================================
    wa’alaikumsalam, mb Dumay. Sudah saya balas via email, mohon dicek :)
    Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, ditunggu kunjungan berikutnya :)

    Balas

  165. ika tamsil
    Nov 19, 2013 @ 09:11:37

    Thanks bgt utk sharingnya.
    Tanya dunk. kemarin Sabtu malam adik saya baru kena cedera kepala. ketika naik ojek, tetiba kepalanya kejatuhan potongan kayu (pada tau kan ya sekarang lagi musim ujan, pohon2 di Jakarta pada rawan bgt tumbang) :( nobody knows, ketika lewat, potongan kayu jatuh ke kepalanya, suddenly dia ngerasa kepala terasaa gedeee banget, tp thanks God dia masih bisa minta tolong orang utk telepon kami. Segera dibawa ke RS utk ditangani. udah CTscan dan foto, katanya semua bagian dalam (otak-leher-punggugn) is ok. nah, pertanyaan gw, smpai sekarang dia masih belum bisa jalan dikarenakan kepala dan lehernya masih kerasa berat bgt. apakah ini wajar? please share info dong. saya sedikit khawatir.
    Thanks in advance.

    ========================================== * * * =========================================================
    Mbak Ika, sudah saya balas via email, mohon dicek :)
    Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, ditunggu kunjungan berikutnya :)

    Balas

  166. andika
    Nov 25, 2013 @ 13:39:26

    dok mau tanya
    hari ini ane main bola dan ane terjatuh.kepala bagian belakang ane kebentur
    saat itu ane ga inget apa2 cuma ngerasa semua badan ane kesemutan dan pusing hebat
    memori ane juga ilang sekitar 20 menitan sebelum jatuh sampai ane sadar dah duduk sama temen2 ane di warung biasa ane nongkrong
    kata tmen2 ane ke warung itu naek motor sendiri
    padahal ane ga nget apapun sblum itu
    dan sekarang tengkuk dan kepala bag belakang ane pusing bgt
    apa tu normal dan ga bahaya dok?
    email : andikaaya19@yahoo.com

    ================================ * * *=============================
    sudah saya balas via email, mas Andika. Terimakasih sudah mampir di blog saya :)

    Balas

  167. lennimpurba@gmail.com
    Nov 30, 2013 @ 01:14:04

    Adik saya kecelakaan motor, ditabrak dari belakang sehingga 2 minggu tidak sadar akibat pendarahan diotak. malam kejadian langsung dioperasi bedah dikepala. setelah itu baru sadar. sebulan opname boleh pulang. setelah dirumah berobat jalan ke dr yang merawat sebelumnya. tetapi hingga kini sudah 2 minggu dirumah kepalanya masih sering pusing/pening. Obat cina Angkung 1 (satu) butir sudah di minum. Tolong info obat apa yang kira2 bisa diminum supaya jangan sering pusing ya dok? tolong balasannya. trims

    =============================================== * * *========================================================
    mb Lenni, balasannya sudah saya kirim via email, mohon dicek :)
    Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, ditunggu kunjungan berikutnya :)

    Balas

  168. iztea
    Des 11, 2013 @ 13:54:36

    Kepalaku tuh udah 2x kejedot tembok. trus berdarah di tempat yang sama jg. aq ngrasa mual, gak enak makan. trs kalo makan lgsg muntah ma telinga aku tuh bunyi trus kya kemasukan air gtu. trs esoknya aq mimisan. kira2 parah gak ya benturan di kepalaku ??

    Balas

  169. ridho
    Des 22, 2013 @ 03:34:44

    Aku sering terbentur fembok, tpi yg terjadi hanya benjol, apa bisa terjadi gegar otak??

    Balas

  170. neny
    Des 26, 2013 @ 16:11:02

    6 bln yg lalu aq jatoh trz kpala y trbntr krs bgt hapr mao pingsan..trz 3 bln n skrg sya serg bgt skt kpala hampir mao mtah.tlg dnk ksh tao knpa n kalu ad obt y ap

    Balas

  171. Nova Ovian
    Des 29, 2013 @ 04:06:51

    dok saya mau tanya,
    saya sering sekali sakit kepala,knp ya? 5 th yang lalu saya pernah kebentur di tembok,apakah itu penyebabnya dok?minta solusinya juga,trimaksih

    Balas

  172. herly
    Feb 13, 2014 @ 09:05:03

    Dok, tanggal 11 Pebuari lalu, saya jatuh terlentang, kepala bagian belakang terbentur amat keras di lantai. Saya hampir pinsan, tapi tetap sadar. Sudah dua hari saya rasa linglung, tapi tetap beraktifitas seperti biasa. Bagian belakang terasa nyeri. Apa solusi langkah yang harus saya tempuh, dok. Trims atas bantuan,

    Balas

  173. renatha fransisca
    Feb 19, 2014 @ 10:45:53

    beberapa hari yg lalu sy mengalami benturan keras di kepala bagian atas hingga wajah. sekarang ini sy merasa mati rasa di bagian yg terkena benturan pertama kali, padahal bagian ini tidak dibius sama skali. kenapa ya?

    Balas

  174. erwin manurung
    Mar 17, 2014 @ 13:05:28

    dua hari yang lalu saya mengalami benturan di bagian kepala
    hal ini bermula di saat saya melakukan olahraga di rimah, memang cukup berat juga, sampai2 kepala saya terbentur cukup keras ke dinding, hingga mengakibatkan luka di bagian atas kepala saya.
    dampak yang saya rasakan saat ini kepala saya pusing terus-menerus, dan setiap kali saya memikirkan sesuatu seperti belajar, maka kepala saya akan terasa panas di bagian dalam.
    saat ini saya tidak tahu apa yang akan kulakukan.
    memang saya sudah menetesi propolis dan beberapa kali meminumnya.
    akan tetapi apakah itu sudah cukup untuk memulihkan kepala saya ini?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: